Posts Tagged ‘ target ’

target di bulan maulid

Saya sangat bersyukur, malam tahun baru kemarin Allah menggerakkan hati saya untuk datang ke majelis maulid dan dzikir di ponpes alfath, asuhan kyai muda KH. Khoirul Anwar. Beliau adalah salah satu murid Alhabib Zain bin Sumaith, salah satu ulama hijaz yg saya kagumi keistiqomahan dan ilmunya. Dalam acara itu juga hadir KH. Mahdi Akbar dari Kalimantan. Beliau adalah kawan dekat KH. Khoirul anwar sekaligus senior ketika nyantri dulu. Beliau yang akan membawakan tausyiah pada acara ini.
Singkat cerita, acara yg dihadiri oleh ratusan jamaah ini berlangsung sangat khidmat, mulai dari pembacaan Ratib Alhaddad, maulid Simthuddurar, sampai berakhirnya tausyiah.

Salah satu poin tausyiah yang cukup mengena adalah ketika beliau menyampaikan bahwa di bulan Maulid (Rabi’ul-Awwal) pun kita perlu punya target sebagaimana target yang kita pasang di awal bulan Ramadhan. Kalau di bulan Ramadhan kita biasa menargetkan khatam Al-Qur’an sekian kali, atau bersedekah sekian, menghafal sekian, full tarawih, dll, maka di bulan Maulid jangan sampai kalah. Apa tutur beliau? “Maka di bulan Maulid yang mulia ini, hendaknya kita targetkan di bulan ini kita bisa bermimpi bertemu Baginda Nabi saw.” MaasyaaAllaah, bergetar hati saya, begitu lalainya kita selama ini tentang arti kerinduan kepada Nabi kita Muhammad saw. “Maka hendaknya kita perbanyak shalawat kepada beliau, kita hidupkan sunnah-sunnah beliau, kita tumbuhkan di dalam hati anak2 kita tentang kerinduan dan cinta kepada sosok agung Nabi Muhammad saw.” Begitu pentingnya rasa cinta dan rindu sehingga kata beliau, jangan sampai kita melakukan amalan-amalan sunnah tapi sama sekali tidak ada kerinduan untuk bertemu dengan Rasul saw. Pernahkah kita dengar kisah Sayyidina ‘Umar, yg oleh Nabi dikatakan belum sempurna imannya sebelum cintanya kepada Nabi lebih besar daripada keluarga yg dimilikinya bahkan dirinya sendiri. Bagaimana dengan kita? Sudahkah tumbuh rasa cinta dan rindu kepada Nabi kita saw.? Sudahkah tercermin akhlak beliau di dalam perilaku kita? Perilaku anak-anak kita? Berapa banyak sunnah yang kita hidupkan?
Allaahu Akbar, sebuah nasihat yang sangat berharga bagi saya pada khususnya dan bagi kawan2 semua. Mudah-mudahan Allah memberi kita taufik agar kita semakin dekat dengan RasulNya sehingga kita mendapatkan syafaatul-‘uzhma nanti di hari Kiamat. Aamiin.
Wallaahu a’lam, semoga bermanfaat.

Advertisements

#target Ramadhan

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kepada kalian puasa di dalamnya, di dalamnya terbuka pintu-pintu sorga dan tertutup pintu-pintu neraka Jahim dan di dalamnya dibelenggu para setan, di dalamnya terdapat malam yang lebih utama dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak diberikan kepadanya kebaikan selama bulan tersebut berarti telah tidak diberikan kepadanya segala bentuk kebaikan.” (HR. Ahmad)

“Telah datang bulan Ramadhan kepada kalian, bulan barakah yang di dalamnya Allah mendatangi kalian.  Maka turunlah rahmat.  Dan dihapuskanlah kesalahan-kesalahan. Di bulan itu Allah mengabulkan doa.  Di bulan itu Allah melihat (memperhatikan) perlombaan di antara kalian.  Dan Allah membanggakan kalian kepada para malaikatNya.  Maka perlihatkanlah kepada Allah kebaikan sebab orang yang celaka adalah yang tidak mendapatkan rahmat  Allah di dalamnya.” (HR. Thabrani)

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Al-Albani mengatakan hadits ini shahih)

saya pikir hadits-hadits di atas sudah cukup membuat saya ngiler dengan kebaikan2 yang Allah ta’ala curahkan di Bulan Ramadhan. bagaimana tidak, kita baca dari awal ya :

  1. kalau puasanya karena iman, ikhlas, dan hanya mengharap pahala dari Allah, dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni. *coba hitung berapa dosa2 kita? astaghfirullaah.
  2. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu lailatul-qadar. *semoga kita bisa mendapatkannya Ramadhan ini. aamiiin.
  3. bulan ketika amalan2 kita dibangga-banggakan oleh Allah di hadapan para malaikat-Nya. *hayoo.. siapa yang tidak ingin berlomba dalam kebaikan kalau sudah gini?
  4. rajin shalat tarawih, dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni. *harusnya gak mbolosan lagi nih.
  5. bersegera kepada ketaatan, dan berhenti maksiat, Allah akan menyelamatkan kita dari api neraka. *saatnya tobat.
  6. dan masih banyak yang lain sepertinya…

ayooh, dari sekarang kita pasang target! capaian apa yang mau kita usahakan di Bulan Ramadhan ini.

#targetSatu

khatamkan Al-quran 1 kali. *eh gampang banget. Baiklah kita naikkan ya, jadi 2 kali. *hmm kurang menantang. Oke, 3 kali deh. *boleh, berarti khatam tiap 10 hari sekali dong? iya lah. *kalau enggak gimana? ya terserah, antara kualitas dan kuantitas, lebih penting kualitas, tapi jika keduanya bisa dimaksimalkan, pasti akan lebih dahsyat! mau yang mana? hehe.

#targetDua

berani nambah hafalan berapa juz satu bulan ini? setengah, satu, dua? atau tiga? hehe. disesuaikan saja dengan kemampuan maksimal teman2. yang belum terbiasa menghafal, nambah setengah juz bisa lah ya. yang sudah terbiasa, harus lebih nih, minimal nambah satu juz. hehe.

#targetTiga

full tarawih. tidak bolong-bolong, tidak squat jump (baca : ngebut), dan berjamaah. kadang di sekitar rumah kita cari yang tidak squat jump rada susah, tapi ayo kita usahakan! beruntunglah yang di mushola dekat rumahnya tidak squat jumphehe.

#targetEmpat

yuk banyak bersedekah.^^ biasanya kan Ramadhan banyak acara santunan tuh, bisa kita manfaatkan mumpung ada ladang kebaikan.

#targetLima

buaaaaaaaaaaaaaiiiiiiik sama orang tua. berbuat baik kepada ibu dan ayah. berbuat baik kepada adik dan kakak, budhe dan pakdhe, mbah dan kakung, tetangga, teman dekat, dan kepada semua orang. di bulan yang mulia ini jangan bikin masalah dengan siapapun. hehe. kita jaga kesuciannya.

#targetEnam

yang sempet dan mampu umroh, hayuk umroh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya umrah di Bulan Ramadhan sama dengan haji atau haji bersamaku.” (HR. Muslim) ayoo (yang sempet dan mampu), disegerakan ya…

#targetTujuh

bikin sendiri atuh, masa saya terus yang bikin, hehe. sok aja nambah targetannya, semampu yang temen2 bisa. yang penting ikhlash ya… dan berkualitas. 🙂

semoga Allah berkenan mengabulkan target2 kita ini sehingga kita diberi keleluasaan untuk melaksanakannya. aamiiin. kita siapkan dari sekarang ya… semangattt!!!

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

SMILE

happiness is precious

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

Indarto Matnur

Try to be Nice Person

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

Husain

Merasakan Rasa, Memaknai Makna

@kucing_majelis

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَّى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"