Posts Tagged ‘ QBM ’

Lomba Mewarnai QBM 2012

semoga kegiatan kamis sore kemarin tidak membuat saya lupa bahwa saya sudah tua. bermain-main dengan anak-anak kecil kebon kembang kemarin lumayan melepas penat setelah sepekan labtek dan ujian. urusan kuliah, lupa semua! haha. benar-benarย refreshing! ๐Ÿ˜€

saya datang di tempat jam 4 sore kurang sedikit. sore ini agendanya adalah lomba mewarnai untuk anak-anak, tingkat kampung sepertinya. cuma se-kebon kembang. lomba mewarnai ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara QBM Gamistek ITB. QBM adalah singkatan dari Qurban Bareng Masyarakat, yang diadakan oleh Gamistek (keluarga mahasiswa muslim teknik kimia) ITB tiap tahunnya. acara ini dibentuk sebagai penyalur hewan qurban, sekaligus penyambung silaturrahmi yang baik antara mahasiswa muslim teknik kimia dan masyarakat, khususnya dalam event tahunan seperti ini. biasanya tiap tahun berbeda tempatnya. tahun kemarin acara ini diadakan di taman hewan.

Back to topic.ย saya pikir ketika saya datang, masjid masih sepi, ga ada anak2. ternyata pas saya masuk. Wow! betapa kagetnya ketika melihat mereka (anak2) sudah duduk rapi di tembok sebelah selatan bagian dalam masjid Al-Islam. lengkap dengan alat tulis dan alat warnanya. subhaanallaah, saya tidak menyangka akan sebanyak ini anak-anaknya. okelah, fine. memasuki jam 4, acara segera kami buka. waktu itu baru ada saya, Hasan, dan ketua QBM tahun ini, Guntur.

acara dibuka dengan membaca al-fatihah bersama-sama, lalu perkenalan dari kakak2 Teknik Kimia. pertama yang berkenalan adalah hasan, lalu guntur, terakhir saya. pas perkenalan, kami sengaja menyinggung tentang teknik kimia.ย “adik2 tahu gak yang dibikin orang teknik kimia itu apa?”

“gak tahuuuu”, jawab anak-anak kompak dan lantang.

“tahu permen gak?” Hasan nyeletuk. “tahuuu”, jawab anak-anak lagi kompak.

“Nah, permen itu yang bikin orang teknik kimia..”, terang Hasan. “tahu baju yang dipakai adik2 itu?”, saya juga ikutan tanya.

“tahuuu”, jawab mereka lagi. “itu juga yang bikin kainnya orang teknik kimia..”, saya mencoba membuka ruang berpikir mereka.

tiba-tiba salah satu anak bertanya, mencoba meyakinkan pikirannya sendiri, “ooo.. berarti yang bikin benda-benda ya kak?”

saya berpikir sejenak, “mmm.. ya.. benar..”, jawab saya. yaah, meskipun tidak semua benar. alat2 elektronik bukan orang teknik kimia, kan yang bikin. haha. namanya juga anak-anak. dilihat dari sorot matanya, anak-anak yang lain juga menangkap hal yang sama.

setelah merasa cukup dengan perkenalan, kami segera membuka acara lomba mewarnainya. “ada yang sudah bawa alat warna?” wow. banyak yang ngacung. “yang ga bawa?” ternyata ada juga beberapa. hehe. untungnya panitia telah menyiapkan 5 kotak krayon untuk anak-anak yang tidak membawa alat warna. “yaudah, yang ga bawa nanti dipinjami ya, tapi jangan rebutan”, kata saya.

“yaa…”, seperti biasa, jawaban mereka kompak.

mulailah dibagi kelompok2 kecil. kelompok PAUD dan TK, ada ibu2nya. kelompok kelas 1-2 SD. kelompok kelas 3-4 SD. dan terakhir kelompok kelas 5-6 SD. kelompok SMP tidak ada. total ada 4 kelompok yang membentuk lingkaran berdiameter sekitar satu setengah meter. lembaran kertas soal mulai dibagikan oleh Hasan. saya membantu mendistribusikan krayon ke yang membutuhkan, dan guntur yang mengatur adik2. setelah semua dibagikan, perlombaan dimulai! “jangan lupa, berdoa dulu ya..”

datanglah Yan, temannya Guntur. sehingga lebih rame sekarang, hehe. kakaknya sudah ada 4. lha, terus kenapa? ya ga pa-pa.

Hasan dan Yan. ๐Ÿ™‚

—- 00000 —-

waktu terus bergulir, lomba mewarnai tingkat kampung-pun berjalan. kini, saatnya saya melihat kreativitas para generasi masa depan dalam mewarnai kaligrafi bertuliskan “radhiyallaahu anhu” dalam khat naskhi. ada yang bertanya, kak, ini diwarnai luarnya? kak, ini sudah? kak, kalo kecoret gimana? kak, krayonnya patah! wah, saya bingung harus bagaimana menjawabnya.

“pokoknya bikinnya yang bagus, terserah kalian mau diapakan. yang penting jangan sobek, oke?” terang saya.ย “yang krayonnya patah, ga pa-pa, pake aja, masih bisa kan?”

yang ini siswa kelas 1-2 SD. suka nanya yang aneh2. lucu-lucu, kan? ^^

yang ini kelas 3-4. sudah mulai bisa mengatur dirinya sendiri.

yang ini kelas 5-6 nih. udah gede2. ternyata ada yang bakat mewarnai juga.

siswa kelas 5-6 yang lain. berdua aja nih? ๐Ÿ˜›

begitulah, saya tidak mau terlalu mengekang kreativitas mereka dengan aturan2. saya sadar bahwa yang namanya lomba mewarnai, ya sesuai kreativitas masing-masing, tak terbatas,ย unlimited, apapun ide mereka. akhirnya ketika ada yang bertanya macem2 lagi, saya jawab saja : “yang penting bikin yang bagus, terserah mau gimana mewarnainya”. ๐Ÿ™‚

hasilnya? bagus. variatif. dengan tidak adanya aturan, kita lebih mudah melihat potensi masing-masing anak. anak yang memiliki bakat mewarnai akan terlihat dari hasil karyanya. warnanya benar-benar rapi, dengan komposisi warna yang pas, dan tidak ada yang keluar jalur. yang tidak bakat mewarnai, mungkin hanya corat-coret, keluar jalur, warna aneh, tapiii.. ya.. bagus lah. cukup menghibur. hehe. sayangnya semua dokumentasi ada di Hasan, jadi yang bisa saya upload di sini hanya beberapa.

“Oke adik2, belajar yang rajin ya, biar bisa kuliah di ITB seperti kakak-kakak teknik kimia ini. Siap?”, pesan saya kepada anak-anak ini, sambil menunjuk2 teman-teman angkatan 2011 dan 2009 yang datang. (udah ga kebayang lagi, mereka bakalan masuk angkatan berapa, haha).

“SIAP kaka…!!!” ๐Ÿ˜€

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the catโ€™s pajamas

Serambi Pikiran Saya

Selamat Datang

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Deanmu goes blogging

Welcome to my little notes friend

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

@kucing_majelis

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ู‘ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽ ุงูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"