Serba Terbalik

entah mengapa akhir2 ini saya melihat ada banyak sekali hal2 yang saya rasa mulai "terbalik". maksud saya, terbalik dari fitrah yang sebenarnya. atau keluar dari fitrahnya. tidak perlu jauh-jauh, kita lihat saja di lingkungan kita sendiri, lingkungan kampus, kerja, rumah, dunia maya, dan keluarga barangkali. Jalan Yuk! coba lihat, masalah pergaulan misalnya. cowok-cewek (non-mahram, blm nikah) [...]

Moderat

Ad-Da'i ilallaah Al-Habib 'Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafizh, atau lebih dikenal sebagai Habib 'Umar bin Hafizh, menerangkan tentang pengertian "moderat" dalam perspektif islam. Dalam kitabnya yang berjudul "Al-Wasathiyah fil-Islam" beliau menuliskan: “Moderat bukan sekadar bersikap lunak atau sekadar bersikap proporsional dalam berinteraksi dengan kelompok-kelompok lain. Pengertian moderat lebih luas dari itu. Moderatisme harus [...]

Teladan Sempurna

iseng buka twiter, tiba-tiba nemu kultwitan bagus, yaitu kultwit dari KH. A. Mustofa Bisri, atau yang akrab disapa gusmus (akun @gusmusgusmu <-- monggo difollow). langsung saja, monggo disimak. 🙂 *** BismiLlãhirRahmãnirRahïm... Pedoman umat Islam itu, 'secara teori' ialah Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. 'Secara praktik': PERILAKU Pemimpin Agungnya itu. Kenapa? Nabi Muhammad SAW menerima wahyu2 [...]

Pintu Setan

Bismillaah. sudah lama sekali rasanya saya tidak menyentuh halaman ini. hahaha. oke, tak masalah. sekarang sebenarnya sayapun sedang tidak ada inspirasi untuk menulis sesuatu, jadi kali ini saya mau berbagi saja beberapa hal. 🙂 *** Kawan-kawan kenal setan? ya, setan. musuhnya semua umat manusia yang beriman. tidak ada satupun orang beriman yang mau berteman dengan setan. [...]

Selektif : Jalan yang Lurus

Tulisan ini saya peroleh dari http://www.habaib.net dengan judul asli "Selektif dalam Memilih Ulama'", ditulis oleh Ustadz Taufiq bin 'Abdul Qadir Assegaf. Berikut tulisan beliau. *** Assalamualaikum wr.wb. Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan berbagai nikmat-Nya kepada kita. Dalam sebuah hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang dikutip oleh Al-Imam Al-Ghozali rahimahullah dalam kitab beliau Ihya 'Ulumuddin. Rasulullah [...]

#target Ramadhan

”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim) "Sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kepada kalian puasa di dalamnya, di dalamnya terbuka pintu-pintu sorga dan tertutup pintu-pintu neraka Jahim dan di dalamnya dibelenggu para [...]

Kenal Diri

Temen2 pernah merasa sangat putus asa sampe (kepikiran) hampir bunuh diri? mm.. bunuh diri terlalu parah. bagaimana kalau minder, pernah? temen2 mungkin pernah berkata, "saya kok gini2 aja sih, gak bisa pinter kaya temen2 yang lain"? atau barangkali pernah merasa paling sempurna? merasa diri kita yang paling baik, paling dermawan, paling pinter, paling alim? "heheh, [...]

Nasihat Cinta Imam Abu Hanifah

Kenal Imam Abu Hanifah? Ya, beberapa pasti sudah kenal. Kenal Abu Yusuf? murid Imam Abu Hanifah? Nah loh, belum kenal kan. hehe. Memang Abu Yusuf bukan seorang ulama' madzhab seperti gurunya tapi ia termasuk orang penting dalam cerita madzhab Hanafi. Yang ingin saya angkat pada tulisan ini adalah, sebuah kisah yang cukup menarik dari Abu Yusuf [...]

Tawadhu’nya Rasulullah SAW

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sekalipun kepadaku hanya dihadiahkan betis binatang, tentu akan kuterima. Dan sekiranya aku diundang makan betis binatang, tentu akan kukabulkan undangannya." (Diriwayatkan oleh Muhammad bin 'Abdullah bin Bazi', dari Basyar bin al Mufaddhal, dari Sa'id dari Qatadah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.) 'Aisyah radhiyallahu 'anha ditanya, "Apakah yang dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi [...]

Yang Lebih Kita Cinta

Kawan, tiba-tiba terpikir oleh saya beberapa pertanyaan berikut. berharap bisa menjadi bahan tafakkur/renungan bersama, meskipun hanya sedikit. mana yang lebih pilih ketika waktu shalat tiba : melanjutkan pengerjaan tugas besar, atau beranjak untuk sholat berjama'ah? buat anak muda nih, mana yang lebih kita kenal : pemain bola, para boyband, artis hollywood, atau Allah dan rasulullah Muhammad [...]