Mukmin yang Berdosa

seorang dai dalam suatu kesempatan bercerita kepada jamaahnya,

“perumpamaan mukmin yang berdosa jika tidak bertaubat sebelum ajalnya, ketika di akhirat nanti ialah seperti pakaian yang harganya mahal namun sangat kotor. baik karena lumpur, najis, dan sebagainya. apakah pakaian itu bisa langsung masuk lemari?

tentu tidak. pakaian itu masih sangat kotor, harus direndam terlebih dahulu di dalam larutan deterjen selama waktu tertentu agar kotoran mudah untuk dibersihkan. apakah setelah direndam, pakaian telah bersih dan bisa dimasukkan ke dalam lemari?

belum. pakaian harus disikat untuk menyingkirkan kotoran yang menempel, sehingga kotoran hilang sama sekali. kotoran telah hilang, apakah sekarang sudah bisa dimasukkan ke dalam lemari?

tunggu dulu. pakaian harus dibilas terlebih dahulu dengan air bersih untuk menghilangkan sisa deterjennya. lalu diperas, dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering sempurna. baik, sekarang pakaian telah bersih dan kering bukan, tentu bisa dimasukkan ke dalam lemari dong..

sabar.. hehe. sayang kalau gak disetrika sekalian, agar rapi dan harum. huft, berarti setelah disetrika bisa dong ya dimasukkan ke dalam lemari?

ya, pakaian sudah bisa dimasukkan ke dalam lemari, karena sudah bersih dari kotoran, bersih dari busa, kering, harum, dan rapi.”

begitulah, perumpamaan surga adalah seperti lemarinya.

wallaahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s