Hikmah dari Sesepuh

Pada tanggal 28 Maret 2014, prodi Teknik Kimia ITB mengundang beberapa alumni yang telah atau sedang berkarya di salah satu perusahaan terbaik Indonesia, yaitu PT. Badak LNG. Para alumni ini berasal dari angkatan yang berbeda-beda. Beliau-beliau diundang untuk memberikan kuliah keprofesian Teknik Kimia di bidang LNG. Dari sekian banyak alumni yang diundang, salah satunya adalah pak RIJ. Soetopo. Menurut saya beliau sangat spesial, di antaranya adalah karena beliau mantan Dirut PT. Badak LNG yang pertama. Jadi, pada jaman beliaulah PT. Badak mulai dibangun. Mulai eksplorasi reservoir gas, babat hutan, ngebor, memasang pipa, mendirikan pabrik, sampai distribusi gas sehingga sampai kepada end user yang biasanya adalah pembangkit-pembangkit listrik. Bisa kita bayangkan seluas apa ilmu teknik kimia beliau, sesering apa beliau dihadang masalah, dan sekenyang apa beliau akan pengalaman2 dalam bekerja.

Oke, itu sekilas tentang pak RIJ. Soetopo. Yang ingin saya share di sini adalah salah satu hikmah kehidupan pak RIJ yang sempat saya dokumentasikan dalam notes HP saya. Kata beliau, ini adalah hikmah dari berpuluh2 tahun beliau menjalani segala macem hiruk-pikuk kehidupan. Saya jadi terpikir, mengapa tidak saya share saja kepada teman2? Tentu akan menjadi pelajaran bagi kita, generasi muda yang -mau tidak mau- akan menggantikan perjuangan generasi tua.

Bait-bait hikmah itu adalah,

Orang yang paling celaka adalah orang yang kaya tapi bodoh,
Orang yang paling beruntung adalah orang yang miskin tapi pintar,
Orang yang paling TOP hebat adalah orang yang kaya dan pintar,
Namun pintar saja tidak cukup, harus juga cerdik,
Yang lebih baik lagi adalah orang yang pintar, cerdik, dan tekun…

Berasa mahal banget ini hikmah dari beliau. Semoga kita bisa meneladani beliau dalam hal ketekunan dalam bekerja, kesabaran, dan ketegasannya dalam mengambil keputusan. Kita doakan juga empunya yang punya bait, semoga pak RIJ dikaruniai sehat, rejeki lancar, dan selalu berada dalam jalan kebaikan. Aamiiin.

Wallaahu a’lamu. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s