Kail itu Bernama “Kenyang”

Tulisan ini sedikit melanjutkan tulisan sebelumnya tentang pintu-pintu setan masuk ke dalam hati manusia, salah satu yang telah disebutkan adalah kenyang, sekalipun kenyang dari makanan yang halal dan bersih.

Al-Habib ‘Umar bin Hafizh rahimahullah mengatakan,

“sesungguhnya kenyang bisa menguatkan nafsu, padahal nafsu adalah senjata bagi setan.”

Dikisahkan bahwa suatu ketika iblis menampakkan diri kepada Nabi Yahya bin Zakariya ‘alaihimassalam. Lantas Nabi Yahya ‘alaihissalam melihat berbagai macam kail yang dibawa iblis. Beliau lalu bertanya, “Hai Iblis, apa gerangan kail-kail itu?” Iblis menjawab, “Ini adalah ragam nafsu yang kuhantamkan kepada anak-cucu Adam.” Nabi Yahya ‘alaihissalam kembali bertanya, “Lalu adakan salah satu kail itu pada diriku?” Iblis menjelaskan, “Mungkin engkau kekenyangan sehingga membuatmu berat untuk mengerjakan shalat dan berdzikir.” Nabi Yahya ‘alaihissalam bertanya lagi, “Adakah yang lain?” Iblis menjawab, “Tidak.” Kemudian Nabi Yahya ‘alaihissalam mengatakan, “Demi Allah, selamanya aku tidak akan lagi memenuhi perutku dengan makanan.” Lalu iblis membalas, “Demi Allah, selamanya aku tidak akan lagi menasehati seorang Muslim.”

kucing, kalau udah kenyang, gamau makan lagi tuh, masa kita kalah? hehe.  (sumber gambar: kamal-alfasya.blogspot.com)
kucing aja ga mau makan lagi tuh, kalau udah kenyang. kita bisa lah ya, lebih baik dari kucing? 🙂
(sumber: kamal-alfasya.blogspot.com)

Diriwayatkan dari Miqdad, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Tidak ada wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suapan yang bisa menegakkan tulang punggungnya. Kalau memang ia tidak bisa untuk tidak memenuhi perutnya, sepertiga bagian adalah untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk napasnya.”

(HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, an-Nasa’I, Ibnu Hibban, Ahmad, ath-Thabrani, al-Baihaqi, dan al-Hakim. Menurut al-Hakim, isnad hadits ini shahih. Adapun menurut at-Tirmidzi, kualitas hadits ini hasan shahih)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s