Makrifat

alam semesta beserta isinya... salah satu tanda kekuasaan Allah SWT
alam semesta beserta isinya… salah satu tanda kekuasaan Allah SWT

Berikut ini adalah kisah nyata yang pernah saya temui (atau ketahui). Mungkin sudah jarang kita temui di jaman modern seperti sekarang ini. Selamat menghayati. 🙂

#Satu

Seorang nenek yang tinggal di daerah pesisir kota Cirebon, rumahnya tidak besar, berdinding kayu, dan berlantai tanah. Tapi, beliau telah mampu menunaikan ibadah haji, dengan jerih payahnya sendiri.

Ya, nenek ini lebih mengutamakan melaksanakan perintah Allah daripada membangun dunianya, yang menurutnya pasti akan diambil juga oleh-Nya.

#Dua

Diceritakan, seorang Hasan Al-Bashri ra. suatu ketika mendengar kabar bahwa ia telah dighibah oleh seseorang. Apa yang lantas beliau lakukan? Beliau mencari orang yang meng-ghibah tersebut lalu memberinya hadiah.

Ketika beliau ditanya atas tindakan anehnya itu, beliau menjawab, “bagaimana tidak, dia telah memberiku pahalanya di akhirat nanti..”

#Tiga

Dikisahkan, seorang kakak melihat salah satu adiknya memandangi ikan-ikan yang ada di dalam akuarium di rumahnya. Selang beberapa saat, kakak itu melihat adiknya sudah meneteskan air mata.

Begitu besar kekuasaan Allah yang bisa ditemui bahkan dari ikan-ikan kecil. Bagaimana dengan alam raya yang sangat luas ini, lengkap dengan seluruh isinya, dan berjalan secara seimbang, tidak kurang sedikitpun, tidak luput sedikitpun dari pengaturan Allah.

Ya, kita hanya makhluk kecil yang lemah. Sangat hina rasanya ketika kita lupa -bahkan sedetik- dari bertafakkur tentang kesempurnaan penciptaan langit, bumi, dan segala isinya ini. Hina.. hina.. hina..

Begitupula, #Empat

Mereka yang senantiasa memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala sebelum kepada makhluk.

Karena yakin Allah jua lah yang menggerakkan hati setiap makhluk.

***

Semoga kita dan keluarga kita dijadikan orang yang makrifat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

“… (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.'” (QS. Ali Imran 3 : 191)

Wallahu a’lam.

One thought on “Makrifat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s