Archive for July, 2013

Nasyid On The Road | #RPC2013

Mungkin di dalam benak Anda langsung terlintas, “Nasyid On The Road? apa itu?” Seperti namanya, Nasyid On The Road (NOTR) ialah nasyid di jalan. Ya, begitu simpelnya. Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memperkenalkan IAPB kepada masyarakat, kegiatan IAPB (khususnya buber dan santunan 555 anak YPD), penggalangan dana (dari donasi maupun jual ta’jil), sekaligus memeriahkan suasana jalanan yang biasanya macet di sore hari ini. Maklum, jalan ini adalah tempat orang-orang berjualan ta’jil. Hampir semua makanan khas banyuwangi bisa ditemukan di sini.

Tim Nasyid

Di acara ini ada tiga grup nasyid yang tampil. Yaitu DNA (Djember Nasyid Acapella), Al-Fadel, dan Thoharoh. DNA adalah grup nasyid dari Jember, bisa dilihat dari namanya, hehe. Sedangkan Al-Fadel dan Thoharoh adalah grup nasyid dari Kota tercinta, Banyuwangi. Berikut foto-foto mereka ketika tampil. Al-Fadel ini pernah juara 1 nasyid tingkat propinsi loh. Plok plok plok.

Djember Nasyid Community (DNA)

Djember Nasyid Community (DNA)

Al-Fadel

Al-Fadel

Thoharoh <-- namanya cukup ngaco, tapi oke sih, haha.

Thoharoh

Ada yang lucu ketika kawan2 salah satu grup ditanya, apa nama grup nasyid mereka. Mereka saling engkel-engkelan (baca: adu mulut), masing-masing mereka mengusulkan nama tapi sama-sama tidak ada yang setuju. Hampir seperti orang yang bertengkar, haha. Setelah beberapa saat, akhirnya dipilihlah nama Thoharoh. Hmm.. heran juga saya kenapa namanya itu.

Thoharoh = menyucikan diri dari hadats dan najis, bukan sih?

Ada-ada saja mereka ini.

Kepincut dan Capcin

Inilah dua spesies makanan yang baru saya kenal kemarin. Kepincut dan Capcin. Kepincut, ternyata adalah singkatan dari keju pisang cute. Waduh, rada alay juga ya? Hehe. Tapi gak masalah sih alay juga, rasanya tetep enak kok. Kalau tidak salah, dari yang saya amati, nih pisang kayaknya dibakar dulu setengah mateng sampe rada mengeras, lalu dipotong dadu (ukuran sekitar 2 cm), terus ditaburi keju dan segala macem pernak-pernik sampe cute. Hmm. Kreatif.

capcin (capuccino cincau)

capcin (capuccino cincau)

Capcin, adalah singkatan dari capuccino cincau. Ini baru keren. Kalau yang ini saya tahu cara bikinnya. Pop ice rasa capuccino diblender bersama es serut, hasilnya lalu dituang ke dalam gelas yang sudah ada cincaunya. Gampang ini mah, tapi ribet karena kita butuh listrik untuk blendernya. Meskipun masih tahap perkenalan, Alhamdulillaah dua spesies makanan ini cukup laku (meskipun masih nyisa). Lumayan lah, buat tambah-tambah dana, hehe.

Buka Puasa Gratis

Ini dia yang paling seru. Sisa ta’jil yang belum laku menjadi menu buka puasa gratis untuk semua panitia dan kawan2 nasyid. Sayangnya ada beberapa kawan kami yang tidak kebagian capcin. Sabar ya. Ada pula yang tidak kebagian kepincut. Kasian deh lo, hehe. Canda.

Meskipun sisa ta’jil dibagi-bagikan secara gratis, tapi kami tetap untung. Mau tahu untungnya berapa? Rahasia, hehe. Semoga pada event jualan ta’jil yang akan datang untungnya bisa berkali-kali lipat dari ini. Semangat, kawan! Kita bisa mengoptimalkan propaganda. Karena ta’jil kita beda dengan ta’jil yang lain. Haha.

“Ta’jil amal! Hanya dengan 5000 rupiah, Anda akan mendapatkan ta’jil enak plus sedekah..”

Ada yang mau?

>> Bersambung

Advertisements

Desa Tanpa Sinyal | #RPC2013

Rabu, 24 Juli lalu adalah jadwal kami survei ke lokasi tempat program Banyuwangi Berbagi akan dilaksanakan. Yap, kami pergi ke Desa Sumbernanas, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Termiskin

Desa Sumbernanas merupakan desa yang terletak paling ujung Kecamatan Kalipuro. Desa ini terletak di tengah hutan milik Perhutani sehingga sangat jauh dari keramaian. Kondisi jalan menuju desa ini tergolong jelek (hanya bebatuan dan tanah yang kadang tidak rata), hanya bisa dilewati oleh motor nonmatic dan pick up atau truk. Jangan berharap membawa motor matic atau city car (cem Jazz, Avanza, dll), takut nanti pulangnya “kenapa-napa”, hehe. Mungkin karena kondisi inilah Desa Sumbernanas cukup terisolasi dari lingkungan luar. Desa ini juga dinobatkan sebagai desa termiskin se-Kecamatan Kalipuro. Sebagai pengetahuan tambahan, Kecamatan Kalipuro sendiri merupakan kecamatan termiskin di Kabupaten Banyuwangi dan rangking dua termiskin di Jawa Timur. waw.

Kondisi jalan menuju Desa Sumbernanas. Ini tergolong yang cukup bagus.

Kondisi jalan menuju Desa Sumbernanas. Ini tergolong yang cukup bagus.

Sederhana

Warga Desa Sumbernanas sangat jauh dari kemewahan. Sebagian besar warga mencari penghidupan di hutan, entah mencari kayu bakar, menyadap karet, bertani, dan lain-lain, dan memperoleh uang dari hasil hutan yang mereka jual ke pasar. Rumah warga sebagian besar berdinding gedhek (anyaman bambu) dan berlantaikan tanah, kecuali beberapa rumah saja yang berdinding semen dan batubata. Eloknya, lingkungan Desa Sumbernanas ini terlihat bersih, tidak ada sampah berceceran, dan udaranya pun sejuk. Iyalah, di tengah hutan, gitu.. hehe..

Penampakan salah satu rumah warga

Penampakan salah satu rumah warga.

Yang keliatan paling bagus tuh masjidnya. Pantes, tempat ibadah, ya kan? Yang saya tahu, ada dua masjid, satunya kecil, satunya besar. Keduanya berdinding semen, berlantai keramik, terlihat putih dan bersih. Mantap.

Tanpa Sinyal

Satu-satunya kemewahan di desa ini adalah motor dan televisi. Motor, sudah tentu, penting untuk mendistribusikan hasil hutan ke pasar untuk dijual, atau untuk belanja. Televisi, hanya beberapa warga saja yang punya. Biasanya di samping rumahnya ada tiang antena yang terbuat dari kayu atau bambu panjang.

Jangan berharap sinyal HP, apalagi yang sekelas 3G atau HSDPA. Sinyal GPRS saja hilang. Jadi kemungkinan tidak ada handphone di desa ini. Semua jenis komunikasi dengan dunia luar dilakukan dengan surat ataupun secara langsung. Jadi inget jaman dulu, hehe.

Banyuwangi Berbagi

Banyuwangi Berbagi merupakan sebuah program yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Menurut pak RW, kebetulan di desa ini terdapat 35 janda yang tidak mampu atau sudah tidak layak untuk bekerja. Melalui program Banyuwangi Berbagi, 35 janda ini akan diberikan santunan berupa sembako (beras, gula, dan minyak goreng). Santunan juga diberikan kepada 2 anak yatim yang ada di desa ini, masing-masing mendapatkan satu paket peralatan sekolah.

Seperti harapan kami, program ini mendapat sambutan yang sangat hangat dari ketua masyarakat setempat. Beliau berharap dengan adanya program ini janda-janda yang tidak mampu minimal dapat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pangannya.

Kiri : pak RW, Kanan : Pak Muhali, selaku ketua masyarakat setempat.

Kiri : pak RW, Kanan : Ustadz Mahali, selaku ketua masyarakat setempat.

Oooh.. Sumbernanas..

Saya pikir di desa ini banyak nanas, tapi kemarin pas ke sana, saya tidak melihat pohon nanas sama sekali, atau memang saya yang gak lewat di kebun nanasnya. Haha.. entahlah. Tapi kalau benar tidak ada nanas, lucu juga dulu leluhur mereka menamai desa ini dengan Sumbernanas. Hihihi.

>> Bersambung

Perjalanan Penuh Cinta | #RPC2013

Ramadhan Penuh Cinta (RPC) tahun ini terasa sangat berbeda dengan RPC tahun sebelumnya. Banyak sekali perbedaan, yang sepertinya memang Allah takdirkan untuk menjadi pelajaran bagi saya. Tidak perlu dipikirkan, karena memang takdirnya begini, tak bisa dipaksa sama. Ya, kita memang perlu situasi yang berbeda untuk “bahan belajar” di “universitas kehidupan” ini.

Di posisi panitia, RPC tahun ini banyak diisi oleh adik2 alumni angkatan 2012, selisih 2 tahun dengan saya, dan beberapa alumni angkatan 2010 dan 2011. Dari segi gender, pun lebih banyak yang cewek dibandingkan yang cowok (wah, ini ceweknya yang terlalu semangat atau cowoknya yang terlalu males yakhehe..). Kami berasal dari SMA yang berbeda2, juga kuliah di tempat yang berbeda2. Ada yang di Banyuwangi, Jember, Malang, Surabaya, Jogja, Bandung, Jakarta, dan lain-lain. Saya bersyukur, Alhamdulillaah.. meskipun kuliah kami mencar-mencar (tersebar), kami tetap bisa berkumpul seperti ini.

RPC 2013 ini sengaja kami modifikasi sehingga berbeda dengan tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, waktu persiapan kami relatif lebih lama dan sayang kalau tidak dimanfaatkan waktunya. Pasti bosan. Jadi kami modifikasi sehingga muncul 3 agenda besar, yaitu Banyuwangi Berbagi, Banyuwangi Berprestasi, dan Buka Bersama dan Santunan 555 Anak Yatim, Piatu, dan Dhu’afa’ Kota Banyuwangi dan sekitarnya.

Nekat? ya memang nekat. Kami belum banyak berpengalaman di dua agenda selain Buber dan Santunan. Apa yang ada di pikiran kami hanyalah optimisme, dan keinginan untuk membantu saudara-saudara kami yang membutuhkan.

Hari demi hari kami lewati dengan penuh semangat. Meskipun kadang-kadang semangat menurun dan pesimisme menyerang. Haha.. memang seperti ini kan yang namanya perjuangan. Sama juga dengan iman yang kadang naik kadang turun. Biarlah seperti itu, yang penting kami berharap semoga Allah tetap menjaga niat kami agar tetap lurus untuk meraih ridhonya.

Untuk semua Panitia SUPER RPC 2013, harus selalu semangat ya…^^ saya ingat perkataan salah satu teman saya,

“Cukuplah surga menjadi iming-iming kita untuk giat beramal sholih..”

>> Bersambung

Ramadhan Penuh Cinta 2013 #upgrade

Bismillaah. Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala. InsyaAllah pada Ramadhan tahun ini Ikatan Alumni Pelajar Banyuwangi (IAPB) akan menyelenggarakan rangkaian acara bertajuk “Ramadhan Penuh Cinta (RPC) 2013”. RPC 2013 merupakan hasil #upgrade dari RPC sebelumnya. Pada tahun 2012 lalu, RPC hanya terdiri dari satu kegiatan yaitu buka bersama dan santunan 333 anak yatim, piatu, dan dhu’afa’ se-Kota Banyuwangi dan sekitarnya; alhamdulillaah dengan izin Allah kemudian semangat dari kawan2 alumni, acara ini berkembang sehingga memiliki 3 agenda besar, yaitu Banyuwangi Berbagi (BB), Banyuwangi Berprestasi (BP), dan Buka Bersama dan Santunan 555 Anak Yatim, Piatu, dan Dhu’afa (Buber 555).

logo BB

logo BP

Banyuwangi Berbagi bermaksud membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu, atau bahkan berkehidupan yang kurang layak di pelosok Banyuwangi. Dari hasil survei, insya Allah agenda ini akan dilaksanakan di desa Sumbernanas, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi. Bantuan yang akan diberikan berupa paket sembako (beras, minyak goreng, dan gula).

Program Banyuwangi Berprestasi merupakan ajang pembuktian bahwa biaya pendidikan yang mahal bukan lagi alasan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Pada kegiatan ini adik-adik SMA yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi ataupun semangat belajar tinggi akan diberikan bekal softskill, sekaligus diberikan tantangan untuk bahan seleksi. Tiga siswa terbaik akan mendapatkan paket bimbingan belajar senilai 1jt, 750rb, dan 500rb rupiah. Alhamdulillaah agenda ini disponsori oleh Lembaga Pendidikan PRIMAGAMA.

Agenda terakhir adalah Buka Bersama dan Santunan 555 Anak Yatim, Piatu, dan Dhu’afa’ (YPD) sekaligus acara puncak RPC 2013. Agenda ini merupakan hasil #upgrade acara serupa tahun sebelumnya. Tahun lalu hanya 333 anak YPD yang mendapatkan santunan, tahun ini jumlah santunan ditambah menjadi 555. Kegiatan buka bersama dan santunan ini sekaligus ingin memfasilitasi para donator, baik kalangan pelajar, mahasiswa, maupun umum untuk menyalurkan sedekah atau infaq dan santunan kepada anak YPD.

poster publikasi Buka Bersama dan Santunan 555 YPD Kota Banyuwangi dan Sekitarnya :)

poster publikasi Buka Bersama dan Santunan 555 YPD Kota Banyuwangi dan Sekitarnya 🙂

Well, bagaimana cara saya menyalurkan sedekah?

Agar mudah, kami telah menyiapkan paket-paket sedekah. Ada 3 jenis paket, yaitu paket Pelajar/Mahasiswa, Paket Umum, dan Paket VIP. Sedekah ini juga dapat berfungsi sebagai tiket untuk mengikuti acara puncak kami yaitu Buka bersama dan Santunan 555 Anak YPD. Berikut deskripsi paket-paket yang kami sediakan,

1. Paket “Pelajar/Mahasiswa” dengan nilai sedekah Rp25.000,00
2. Paket “Umum” dengan nilai sedekah Rp50.000,00
3. Paket “VIP” dengan nilai sedekah Rp100.000,00
4. Paket “ Suka–suka” dengan nilai sedekah “tak tertentu”, terserah donator. Sedekah dapat pula berupa barang (misalnya, pinjaman karpet, sound system, paket takjil, dan lain-lain).

Khusus kawan2 alumni pelajar Banyuwangi, bisa memesan jaket IAPB seharga Rp120.000,00. Terlalu mahal? Tidak kawan, seluruh keuntungannya tentu akan kami alokasikan untuk dana kegiatan sosial berikutnya atau kegiatan IAPB lainnya. Berikut desain jaketnya.

desain jaket IAPB

desain jaket IAPB

Sedekah dapat dilakukan melalui transfer ataupun secara langsung,

1. Transfer melalui Bank (atau ATM)

Transaksi untuk donasi dapat di transfer melalui rekening di bawah ini:
BRI  000701030542505 (a/n Nina Wijiani)
Muamalat  0167755647 (a/n Nina Wijiani)
BNI  0268726050 (a/n Nina Wijiani)
Mandiri  1430012598395 (a/n Yanuar Ferdian Arisnatha)

Setelah melakukan transaksi donator wajib melakukan sms konfirmasi pada nomor 08970671616 (Nina) dengan format:
NAMA_JUMLAH PAKET_PILIHAN PAKET_NILAI TRANSFER_TANGGAL_WAKTU TRANSFER
Contoh : Abdullah_4_Pelajar/Mahasiswa_100000_200713_1700

Setelah konfirmasi dilakukan, donator akan menerima sms balasan dalam 1×24 jam. Apabila sms balasan belum diterima, mohon segera hubungi kontak panitia

2. Transaksi Langsung

Untuk para donator yang ada di Banyuwangi dan sekitarnya, dapat menghubungi kontak dibawah ini untuk donasi secara langsung,
Sinar  087755715004 (XL)
Indar  082141031420 (Telkomsel)

Donator punya hak dan kewajiban?

  1. Donator wajib melakukan konfirmasi setelah melakukan transaksi via transfer pada panitia
  2. Donat0r dengan nominal sedekah lebih dari Rp 100.000,00 berhak mendapatkan hasil realisasi kegiatan berupa buletin RPC 2013
  3. Donator berhak hadir dalam acara puncak RPC 2013 (Buka Bersama dan Santunan YPD) pada tanggal 3 Agustus 2013 jika tidak berhalangan dengan meminta voucher pada panitia sebagai tiket masuk bukti peserta (terbatas untuk 400 orang)

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari)

Untuk segala bentuk partisipasi Anda, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, tiada yang sanggup membalas melainkan Allah subhanahu wa ta’ala..
jazakumulaahu khoiron katsiron.. Semoga Allah melipatgandakan pahala sedekah Anda. 🙂

Info lebih lanjut:
http://iapbanyuwangi.wordpress.com
Habibi Alisyahbana (085746772058)
Nina Wijiani (08970671616)

#target Ramadhan

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kepada kalian puasa di dalamnya, di dalamnya terbuka pintu-pintu sorga dan tertutup pintu-pintu neraka Jahim dan di dalamnya dibelenggu para setan, di dalamnya terdapat malam yang lebih utama dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak diberikan kepadanya kebaikan selama bulan tersebut berarti telah tidak diberikan kepadanya segala bentuk kebaikan.” (HR. Ahmad)

“Telah datang bulan Ramadhan kepada kalian, bulan barakah yang di dalamnya Allah mendatangi kalian.  Maka turunlah rahmat.  Dan dihapuskanlah kesalahan-kesalahan. Di bulan itu Allah mengabulkan doa.  Di bulan itu Allah melihat (memperhatikan) perlombaan di antara kalian.  Dan Allah membanggakan kalian kepada para malaikatNya.  Maka perlihatkanlah kepada Allah kebaikan sebab orang yang celaka adalah yang tidak mendapatkan rahmat  Allah di dalamnya.” (HR. Thabrani)

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Al-Albani mengatakan hadits ini shahih)

saya pikir hadits-hadits di atas sudah cukup membuat saya ngiler dengan kebaikan2 yang Allah ta’ala curahkan di Bulan Ramadhan. bagaimana tidak, kita baca dari awal ya :

  1. kalau puasanya karena iman, ikhlas, dan hanya mengharap pahala dari Allah, dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni. *coba hitung berapa dosa2 kita? astaghfirullaah.
  2. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu lailatul-qadar. *semoga kita bisa mendapatkannya Ramadhan ini. aamiiin.
  3. bulan ketika amalan2 kita dibangga-banggakan oleh Allah di hadapan para malaikat-Nya. *hayoo.. siapa yang tidak ingin berlomba dalam kebaikan kalau sudah gini?
  4. rajin shalat tarawih, dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni. *harusnya gak mbolosan lagi nih.
  5. bersegera kepada ketaatan, dan berhenti maksiat, Allah akan menyelamatkan kita dari api neraka. *saatnya tobat.
  6. dan masih banyak yang lain sepertinya…

ayooh, dari sekarang kita pasang target! capaian apa yang mau kita usahakan di Bulan Ramadhan ini.

#targetSatu

khatamkan Al-quran 1 kali. *eh gampang banget. Baiklah kita naikkan ya, jadi 2 kali. *hmm kurang menantang. Oke, 3 kali deh. *boleh, berarti khatam tiap 10 hari sekali dong? iya lah. *kalau enggak gimana? ya terserah, antara kualitas dan kuantitas, lebih penting kualitas, tapi jika keduanya bisa dimaksimalkan, pasti akan lebih dahsyat! mau yang mana? hehe.

#targetDua

berani nambah hafalan berapa juz satu bulan ini? setengah, satu, dua? atau tiga? hehe. disesuaikan saja dengan kemampuan maksimal teman2. yang belum terbiasa menghafal, nambah setengah juz bisa lah ya. yang sudah terbiasa, harus lebih nih, minimal nambah satu juz. hehe.

#targetTiga

full tarawih. tidak bolong-bolong, tidak squat jump (baca : ngebut), dan berjamaah. kadang di sekitar rumah kita cari yang tidak squat jump rada susah, tapi ayo kita usahakan! beruntunglah yang di mushola dekat rumahnya tidak squat jumphehe.

#targetEmpat

yuk banyak bersedekah.^^ biasanya kan Ramadhan banyak acara santunan tuh, bisa kita manfaatkan mumpung ada ladang kebaikan.

#targetLima

buaaaaaaaaaaaaaiiiiiiik sama orang tua. berbuat baik kepada ibu dan ayah. berbuat baik kepada adik dan kakak, budhe dan pakdhe, mbah dan kakung, tetangga, teman dekat, dan kepada semua orang. di bulan yang mulia ini jangan bikin masalah dengan siapapun. hehe. kita jaga kesuciannya.

#targetEnam

yang sempet dan mampu umroh, hayuk umroh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya umrah di Bulan Ramadhan sama dengan haji atau haji bersamaku.” (HR. Muslim) ayoo (yang sempet dan mampu), disegerakan ya…

#targetTujuh

bikin sendiri atuh, masa saya terus yang bikin, hehe. sok aja nambah targetannya, semampu yang temen2 bisa. yang penting ikhlash ya… dan berkualitas. 🙂

semoga Allah berkenan mengabulkan target2 kita ini sehingga kita diberi keleluasaan untuk melaksanakannya. aamiiin. kita siapkan dari sekarang ya… semangattt!!!

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

SMILE

happiness is precious

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

Indarto Matnur

Try to be Nice Person

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

Husain

Merasakan Rasa, Memaknai Makna

@kucing_majelis

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَّى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"