Kenal Diri

Temen2 pernah merasa sangat putus asa sampe (kepikiran) hampir bunuh diri? mm.. bunuh diri terlalu parah. bagaimana kalau minder, pernah? temen2 mungkin pernah berkata, "saya kok gini2 aja sih, gak bisa pinter kaya temen2 yang lain"? atau barangkali pernah merasa paling sempurna? merasa diri kita yang paling baik, paling dermawan, paling pinter, paling alim? "heheh, [...]

Nasihat Cinta Imam Abu Hanifah

Kenal Imam Abu Hanifah? Ya, beberapa pasti sudah kenal. Kenal Abu Yusuf? murid Imam Abu Hanifah? Nah loh, belum kenal kan. hehe. Memang Abu Yusuf bukan seorang ulama' madzhab seperti gurunya tapi ia termasuk orang penting dalam cerita madzhab Hanafi. Yang ingin saya angkat pada tulisan ini adalah, sebuah kisah yang cukup menarik dari Abu Yusuf [...]

Rahasia Al-Fatihah

Ada sebuah hadits yang cukup bagus tentang keutamaan surat Al-Fatihah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda kepada salah seorang sahabat, "Sungguh, aku akan mengajarkan kepadamu surat yang paling agung dalam Al-Quran." Sahabat bertanya, "Surat apa itu, wahai Rasulullah?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca, "Alhamdulillaahi robbil-'aalamiin, ar-rohmaanir-rohiim .. sampai akhir surat." (HR. Bukhari, Muslim, dan lainnya) Allah subhanahu wa [...]

Tawadhu’nya Rasulullah SAW

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sekalipun kepadaku hanya dihadiahkan betis binatang, tentu akan kuterima. Dan sekiranya aku diundang makan betis binatang, tentu akan kukabulkan undangannya." (Diriwayatkan oleh Muhammad bin 'Abdullah bin Bazi', dari Basyar bin al Mufaddhal, dari Sa'id dari Qatadah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.) 'Aisyah radhiyallahu 'anha ditanya, "Apakah yang dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi [...]

Yang Lebih Kita Cinta

Kawan, tiba-tiba terpikir oleh saya beberapa pertanyaan berikut. berharap bisa menjadi bahan tafakkur/renungan bersama, meskipun hanya sedikit. mana yang lebih pilih ketika waktu shalat tiba : melanjutkan pengerjaan tugas besar, atau beranjak untuk sholat berjama'ah? buat anak muda nih, mana yang lebih kita kenal : pemain bola, para boyband, artis hollywood, atau Allah dan rasulullah Muhammad [...]

Sebuah Perumpamaan

Saya menemukan sebuah perumpamaan yang cukup indah untuk kawan-kawan renungkan. Perumpamaan yang diberikan oleh Habib Munzir Al-Musawa atas pertanyaan mengenai apakah kita ini (sebagai manusia) layaknya wayang yang digerakkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala? Allah subhanahu wa ta'ala Maha Menentukan dan Maha Mengatur, tidak seorangpun bisa lepas dari aturan Allah subhanahu wa ta'ala, namun aturan Ilahi itu juga disertai [...]

Awas Bangkrut!

Awas Bangkrut…!!! Kita sering fokus kepada apa yg kita sukai, tapi sering lalai dengan apa yg membahayakan diri kita sendiri. Dan tiada yang paling membahayakan, yang membuat hidup kita selalu resah, susah serta menderita bukan hanya didunia bahkan sampai di akhirat kelak. Selain keburukan diri kita sendiri. Sehebat apapun amal akan hancur bila tak sungguh-sungguh [...]

Jalan-jalan : Bogor

sebenarnya sudah ingin saya post beberapa hari yang lalu, tapi apa daya baru sempat nulis sekarang, hhe. Bogor. pas saya main ke sana kemarin, pas hujan. *tapi bukan gara-gara ini kan, bogor dinamakan kota hujan? kebetulan sedang  hujan aja kali ya. tapi hujannya tidak terlalu deras, rintik-rintik cuman lama. pusat kotanya sangat dekat dengan terminal. terminalnya pun [...]

Jomblo Bisa!

Masa depan para jomblo harusnya lebih sukses. Saat teman2nya sibuk pacaran, si jomblo menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang lebih berkualitas. Nilai kuliah para jomblo juga harusnya lebih bagus. Saat teman2nya gak konsen karena ngelamun pacarnya, si jomblo otaknya bening, gak ada yang mengganggu jiwanya. Soal ibadah, harusnya para jomblo ibadahnya lebih khusyu'. Saat teman2nya pikirannya [...]