Diferensiasi Produk Jagung (2)

Lanjutan dari tulisan sebelumnya : Diferensiasi Produk Jagung (1)

minyak jagung. ini cukup mahal lho.. (sumber : malaysiacookingoil.com)
minyak jagung. ini cukup mahal lho.. (sumber : malaysiacookingoil.com)

proses pemisahan endosperm dan germ pada bulir jagung yang paling umum adalah wet milling. bagaimanakah proses wet milling  itu? yuk, kita lanjuuut..

tahap pertama dari proses wet milling ialah steeping, orang Indonesia sering menyebutnya “perendaman hangat”. bulir jagung yang telah bersih, direndam ke dalam air bertemperatur 48-52 C dalam waktu 30-50 jam. ke dalamnya ditambahkan larutan SO2 0,2-0,4%-b yang bertujuan untuk melarutkan protein dalam bulir jagung. setelah 30-50 jam, maka akan dihasilkan air bekas perendaman atau corn steep liquor dan padatan bulir jagung dengan kadar air sekitar 45%-b basis basah. bulir jagung dapat dipisahkan untuk memasuki tahap selanjutnya. sedangkan corn steep liquor biasanya digunakan untuk keperluan mikrobiologi karena di dalamnya mengandung banyak sekali nutrisi untuk pertumbuhan mikroba.

tahap kedua ialah penggilingan kasar. tahap ini bertujuan untuk melepaskan germ dari bulir sehingga terpisah dengan endospermnya.  pada tahap ini alat yang biasa digunakan adalah “penggiling Foos”. bentuk alatnya bisa tanya ke professor-google. hasil dari tahap kedua ini adalah endosperm yang telah hancur seperti tepung dan germ yang masih utuh. sayangnya masih bercampur satu sama lain.

pada tahap ketiga kedua komponen dipisahkan. tahap ini dinamakan tahap “pemisahan germ“. bagaimana caranya? mau-tidak mau kita memanfaatkan gaya gravitasi. *masa mau diambilin satu-satu germnya? hehe. prosesnya dinamakan pengapungan. pada tahap ini ke dalam campuran tepung dan germ ditambahkan medium suspensi dengan  densitas lebih besar dari germ yaitu 1,051-1,058 (7-8 Be), sehingga dalam proses pengapungan germ akan berada di atas sedangkan tepung dan medium berada di bagian bawah germ. begitulah sehingga germ bisa dengan mudah diambil dan terpisah sempurna dengan tepung.

germ yang telah terpisah, lantas dengan mudah diambil minyaknya. inilah yang dinamakan minyak jagung. begitupula tepungnya, langsung menjadi tepung yang kaya pati dan bebas minyak.

oke, saya ulang lagi, ralat, berarti tidak hanya 2 macam produk yang bisa kita hasilkan dari jagung. melainkan 3 macam. pertama, corn steep liquorkedua minyak jagung, dan ketiga tepung jagung. sekarang apa yang kawan2 pikirkan?

benar. jagung ternyata sangat potensial untuk dikembangkan produknya. tidak hanya menjadi popcorn atau jagung rebus, atau tepung, tapi bisa kita peroleh minyak dan “sari”nya, yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. mau tahu berapa harga minyak jagung? ya.. kira2 40.000-60.000 rupiah lah perliter. cukup tergiur? hehe.

Oke, belajar dulu dari sekarang, supaya bisa mengoptimasi semua potensi dalam negeri. #untuk Indonesia yang lebih baik. 🙂

semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s