Selamat Berjuang! | #mentoring

Lapangan tengah SMAN 1 Glagah. Terlihat sangat bersih ya. :)
Lapangan tengah SMAN 1 Glagah. (sumber : dok. pribadi)

Selasa, 8 Januari 2013. hari ini jadwal kami ke SMAN 2 Genteng dan SMAN 1 Glagah. saya tidak ikut ke SMAN  2 Genteng, hanya ke SMAN 1 Glagah saja.

sama sekali berbeda dengan tahun lalu ketika saya terakhir berkunjung. dua buah lapangan voli di dekat gerbang belakang kini menjadi sebuah bangunan yang belum rampung. bagian dalam sekolah, terlihat lebih rapi, bersih, rindang, dan berwarna-warni. wah.. salut, berarti ada peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. 🙂

saya masuk ke kelas IPA 3, kelas saya dulu. lokasinya masih sama, hanya interiornya yang berbeda. dan satu lagi, ada satu kaca jendela yang pecah dan diganti dengan plastik. anehnya, di situ tertulis “kaca”. wkwk. sama anehnya ternyata, kelas IPA 3 sekarang dengan kelas IPA 3 jaman saya. bedanya, IPA 3 sekarang lebih rapi dan sedikit siswanya. hanya 32 orang siswa. dulu 40 orang.

kelas IPA hari ini relatif lebih diam dari kelas IPS SMAN 1 Giri yang saya masuki kemarin. enak? belum tentu juga. diam, tapi juga sedikit pertanyaan. mungkin masih belum muncul minat untuk kuliah di ITB. alasan paling kuat ialah jauh dan biaya hidup relatif tinggi. tapi saya lumayan senang karena ada 1 atau 2 orang siswa yang sepertinya minat ke ITB, meskipun belum sepenuhnya. salah satu siswa ingin masuk Teknik Penerbangan (AE) dan satu lagi sepertinya minat ke Teknik Kimia (TK). wow.

saya menganjurkan mereka untuk mencoba jalur undangan. yap, jalur undangan tahun ini kuotanya lumayan besar yaitu 60%. jika diperkirakan tahun ini menerima 3400 mahasiswa maka sekitar 2000-an mahasiswa adalah yang diterima lewat jalur undangan. lumayan besar peluangnya saya kira. hanya saja, ada faktor lain yang tidak boleh diabaikan, yaitu faktor pesaing. semakin tinggi kuantitas dan kualitas pesaing, akan semakin kecil peluang untuk menjadi yang 3400 atau 2000-an itu. berdoa saja semoga pesaing kalian tidak terlalu banyak. haha. karena yang saya tahu FTI adalah fakultas yang paling diburu ca-mahasiswa dalam beberapa tahun terakhir. semangat!

rupanya yang membuat para siswa lumayan antusias adalah ketika kami berbicara tentang beasiswa, dan contoh orang2 yang mendapat beasiswa juga di depan mereka. saya, sasa, dan sewu. saya BIUS, sasa dan sewu BIDIK MISI. pada intinya maksud kami ialah untuk membuka pikiran mereka, bahwa di ITB biaya yang besar bukan masalah yang serius. bapak2 petinggi LK (lembaga kemahasiswaan) juga pernah bilang, bahwa ITB tidak pernah mengeluarkan mahasiswanya karena masalah biaya. and for me it’s cool. tidak banyak universitas besar yang seperti ini. uang BIDIK MISI yang didapat oleh mahasiswa pun perbulannya lebih besar dari universitas lain. yaitu 1 juta rupiah. 950 ribu untuk mahasiswa, dan 50 ribu untuk kegiatan mahasiswa BIDIK MISI. ujung-ujungnya kembali lagi untuk mahasiswa. jadi masalah biaya, untuk mahasiswa yang kurang mampu, beres. yang lain selain BIDIK MISI? banyak. ada beasiswa PPA, Salman, KSE, perusahaan, dan lain-lain. tinggal gali2 saja infonya.

harapan saya, semoga tahun ini generasi dari SMAN 1 Glagah yang ke ITB lebih banyak dari tahun kemarin. tahun kemarin ada 9 orang. berarti minimal tahun ini harus n+1=10 orang siswa. oke, selamat berjuang semuanya! semoga bisa masuk ITB ataupun PTN yang kalian damba-dambakan. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s