Merayakan Tahun Baru?

No, thanks
No, thanks!

saya yakin kawan2 sudah mengetahui hadits Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam berikut :

“Barang siapa menyerupai suatu golongan, maka ia adalah bagian dari mereka” (HR Abu Daud no 4031, dinilai oleh al Albani sebagai hadits hasan shahih).

tapi masih banyak saudara2 kita yang lain yang belum tahu. sesama muslim adalah saudara. mari kita ingatkan. mumpung nanti malam adalah malam tahun baru, yang kata orang “yuk, kita rayain rame2 dengan kambang api, karaoke, bla bla bla…”, insya Allah itu menjadi ladang amal bagi kita. barangkali masih ada saudara kita yang mau ikut2an acara perayaan, yuk kita ingatkan, sebaiknya tidak ikutan, that’s not ours. bukan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh para sahabat di jaman Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam, bukan pula kebiasaan para tabi’in setelahnya.

gak seru dong kalo gitu, malem ini?

emang. mau seru, tapi gak disukai oleh Allah? dibenci oleh Nabi? jadi gak seru banget kan. Enak di sini, tapi gak enak di ‘sana’. Enak sekarang, tapi gak enak ‘besok’. Hayo, mau yang mana?

Ingat juga nih, firman Allah dalam Al-Qur’an :

“dan tidaklah orang yahudi dan nasrani itu rela terhadap (agama) kalian, sampai kalian mengikuti agama mereka.” (QS. Al-Baqarah : 120)

na’udzu billahi min dzalik. cukuplah bagi kita AL-QUR’AN dan AS-SUNNAH. itu dua pedoman yang paling ampuh kata Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam. 

wallahu a’lamu bish-showab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s