Aku Harus Bisa Kaya

ketika orang terdekatku sakit, sedangkan ia tidak memiliki biaya untuk berobat, maka aku ingin sekali membantunya…

ketika kita tertawa dalam kecukupan, sedangkan banyak orang masih kekurangan, maka aku ingin mengentaskannya…

ketika dunia ini sudah penuh dengan orang2 bermental pengemis, maka aku ingin membuat perubahan…

Ya Allah, aku ingin kaya…

ketika aku kaya, maka aku akan membahagiakan orang tuaku, mereka berdua ingin naik haji, sama seperti saudara2nya yang lain | aku selalu iri melihat orang-orang yang dengan kemampuannya sendiri bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh, bahkan beberapa kali

ketika aku kaya, maka aku akan bisa lebih banyak bersedekah kepada sesama | aku selalu iri dengan orang-orang kaya yang sangat gemar bersedekah, ringan tangan dalam membantu sesama, gampang nraktir, mbayari duit angkot, simple

ketika aku kaya, maka aku akan bisa lebih banyak membantu orang-orang dalam biaya : sekolah, kuliah, pengobatan | aku selalu iri dengan para donatur yang banyak mengucurkan hartanya untuk memberikan beasiswa bagi para penuntut ilmu negeri ini

ketika aku kaya, maka aku akan bisa berinvestasi, untuk dunia . . untuk akhirat | membangun lembaga pendidikan, perpustakaan, rumah tahfizh, pesantren, aduh #pengin

ketika aku kaya, tak henti2nya aku bersyukur pada yang Mahakaya, dan menjaga amanah kekayaan ini dengan sebaik-baiknya | semoga aku tidak menjadi orang yang lalai

kenapa aku ingin kaya?

bukannya takut miskin, tapi kaya itu lebih penting, lebih bermakna, dan lebih dahsyat! sholeh-kaya, lebih dipercaya daripada sholeh-miskin. ganteng-kaya lebih didengar daripada ganteng-miskin. itu contoh kasarnya. kalo saya simpulkan, intinya semakin kita kaya, probabilitas kita untuk bisa membuat perubahan itu akan semakin besar. maka kaya itu katalis, mempercepat perubahan.

pasti ada tantangan. orang kaya harus lebih berhati2 dengan hartanya. h-a-t-i-h-a-t-i. kata orang jawa “titen”. sama juga seperti orang miskin, kudu hati-hati menghadapi dunianya yang serba pas-pasan. ketika orang kaya lalai, di akhirat sana akan ditagih pertanggungjawabannya. di kemanakan hartanya? itu yang akan ditanya. sama juga, ketika orang miskin lalai, bisa goyah imannya. Tuhan itu Mahakaya, tapi mengapa aku tetap miskin juga, mana yang katanya Tuhan itu Mahaadil? #na’uudzubillaah

jadi kaya itu pilihan kawan. mau dipilih atau dibiarkan mengalir begitu saja?

so, mari kita belajar menjadi kaya dari sekarang, mumpung ada kesempatan. karena belum benar-benar kaya, berusaha seperti orang kaya saja. sifat orang kaya itu banyak syukur, banyak sedekah, banyak membantu orang, senang memotivasi pada orang lain, dan selalu bersemangat. tidak mudah mengeluh, dan selalu yakin Allah sudah mengatur rezeki masing2 orang.

aku ingat ada namanya teori ketertarikan, ketika kita memancarkan energi positif untuk sesuatu yang baik di depan kita, niscaya alam akan mendukung agar sesuatu itu terwujud. itu yang dikatakan para filsuf2 kuno. sedangkan kita? kita punya Allah yang Maha mendengar dan mengabulkan segala macam mimpi, dan doa2 kita. kurang apa lagi?

Cukuplah Allah untuk kita, yang mendengarkan curhat2 dan impian2 kita. cukuplah Allah tempat kita mengadu, memohon, dan berlindung. hanya Allah lah pemilik kekayaan yang haq, pemilik kebenaran mutlak, dan pemilik kekuatan mahadahsyat. hanya dengan kemurahan-Nya dunia ini masih berputar, dan dengan ketentuan-Nya segalanya bisa menjadi nyata.

Ya Allah, aku ingin sekali kaya… 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

Indarto Matnur

Try to be Nice Person

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Deanmu goes blogging

Welcome to my little notes friend

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

Husain

Merasakan Rasa, Memaknai Makna

@kucing_majelis

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَّى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"

