Tahnik : Vaksinasi ala Rasulullah saw

kawan2 pernah ditahnik? atau bahkan sudah pernah mentahnik? atau jangan2 baru sekarang tahunya (sama seperti saya, baru tadi pagi). mungkin beberapa dari kawan2 pernah ditahnik, dan beberapa lagi tidak. memang agak kurang terkenal sepertinya, apalagi di negeri yang sangat mencintai adat seperti Indonesia ini. hehe. (adat kadang dinomorsatukan ketimbang syariat)

tahnik, dalam kamus islam ialah mengunyah kurma dan meletakkanya di mulut bayi, dan mengoleskannya pada langit-langit mulutnya. ingat, dikunyah, bukan diblender atau digerus, atau semacamnya. tahnik ini merupakan salah satu penanganan terhadap bayi yang baru lahir yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw selain adzan dan iqomat. dalam sebuah hadits disebutkan :

Dari Abu Musa, beliau berkata,

“(Suatu saat) aku memiliki anak yang baru lahir, kemudian aku mendatangi Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau memberi nama padanya dan beliau mentahnik dengan sebutir kurma.” (HR. Muslim)

ternyata tahnik in sangat luar biasa. dalam tinjauan ilmu kedokteran, tahnik dapat dikatakan sebagai sebuah vaksinasi awal. mekanismenya seperti ini :

di dalam mulut manusia dewasa terdapat bakteri yang sangat beragam. bakteri-bakteri tersebut akan masuk dalam kurma yang telah dikunyah dalam dosis tertentu dan dimasukkan ke dalam mulut bayi. inilah yang dikatakan sebagai salah satu bentuk introduksi atau vaksinasi yang telah kita kenal sekarang, yaitu memberikan sistem kekebalan yang bersifat aktif dalam tubuh anak, sehingga sistem kekebalannya bisa terbentuk sejak dini.

dalam anjuran Islam, diutamakan agar yang melakukan tahnik adalah orang yang memiliki keutamaan, dikenal sebagai orang yang baik, berilmu dan sholeh. karena diharapkan ia dapat mendo’akan kebaikan (barakah) bagi bayi tersebut.

wallaahu a’lam. 🙂

sumber :
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/06/22/tahnik-sebagai-vaksinasi-awal/
http://rumaysho.com/belajar-islam/keluarga/2964-hadiah-di-hari-lahir-1-mengunyah-kurma-tahnik-ke-mulut-si-bayi.html

2 thoughts on “Tahnik : Vaksinasi ala Rasulullah saw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s