Archive for June, 2012

Jalan2 : ke Samudra! | #mkkb

[23 Juni 2012] BIUSERS go to ANCOL

#mkkb. masa kecil kurang bahagia. inilah catatan harian saya pas di Ocean Dream Samudra Ancol, sebagai seorang pemuda dengan masa kecil kurang bahagia. oke, anggap selama seharian ini kami bukan mahasiswa ITB. selamat menyimak, semoga cukup mengimajinasi kawan2 yang belum pernah ke sini. 😀

Pentas Aneka Satwa —> di sini kami nonton atraksi 3 binatang lucu. dari yang paling kecil dan menggemaskan : berang-berang (asal jawa barat), beruang madu *ga nyangka ada beruang yang jinak dan bisa tepuk tangan* (asal sumatera), dan kuda nil (asal afrika) *yang ini nih, baru kali ini saya lihat dan WOWWW (maasya Allaah) gede sekali dan sangat lambat*.

yang membuat kami merasa aneh adalah : bahwa kebanyakan yang ada di podium ini adalah anak-anak dan orang tua. lha, kami? ya, sepertinya pemuda-pemudi nya hanya kami bersepuluh. problem? saya kira tidak untuk pemuda/i #mkkb. *wahaha*

ada beberapa esensi yang saya dapatkan :

  1. buanglah sampah pada tempatnya, seperti yang ditunjukkan oleh berang-berang. harus bisa memisahkan sampah organik dan anorganik.
  2. rajin berolahraga, seperti yang dicontohkan beruang madu.
  3. jangan kebanyakan makan, nanti kaya kuda nil.

overall : cukup menarik dan menghibur. IP wahana ini saya kira cukup tinggi. saya beri 3,5 dari skala 4.

tuh, kuda nilnya gede kan? kata si bapak, beratnya 2 ton. kontribusi selama acara : ngucapin salam dan makan.

Pertunjukan Singa Laut dan teman-temannya —> sepertinya ini yang paling membosankan bagi saya, begitu pula teman2 saya yang lain. setelah menunggu sekian lama pertunjukan mulai, disertai dg kehareudangan (maaf kalo salah) yang sangat, ternyata pertunjukan pertama oleh burung2 kakak tua dan macau sedikit FAIL. oke, kami maklumi, memang burung2 itu tak secerdas singa laut dan lumba-lumba.

singa laut cukup menghibur. ketiganya memiliki nama layaknya manusia, sayangnya saya lupa siapa aja. singa laut pertama, pandai berjoget, paling seneng kalo diajak goyang pinggul. singa laut kedua pandai akting kaya manusia. liat, tuh, di foto dia lagi akting sebagai pacar dari pelatihnya. ngakunya sayang dan ga mau kehilangan jadinya minta cium. *hihihi, jijik*. singa laut ketiga, pandai main sirkus. dia bisa menangkap bola sekaligus menjaganya seimbang di ujung moncongnya. kaya ronaldinho lah, bedanya kalo dia moncong, ronaldinho di dahi.

  • esensi dari wahana ini : jangan seperti singa laut, sembarangan cium orang. 😛
  • overall : IP untuk wahana ini adalah 3.2.

Surga Burung —> di sini saya benar-benar merasakan enaknya dicakar2 burung pas burungnya jalan di tangan saya. cukup geli memang. tapi so far, so good. lama-lama terbiasa juga. sayangnya tidak semua Biusers berfoto dengan burung-burung indah ini. dari gelagatnya, si Tia sepertinya pengin, tapi takut saat menyentuh burungnya. ga jadi foto akhirnya.

  • esensi : lestarikan hutan kita, agar burung-burung indah seperti ini tidak mudah punah.
  • overall : meskipun burungnya ada yang galak, tapi sensasinya mantap. IP untuk Surga Burung ini adalah 3,63.

 ini foto saya dengan burung hijau. gaya #mkkb. *saya ga tau ini burung apa*

Nonton Lumba-lumba —> pas kami mau nonton, wahana ini sudah penuh dengan penonton. tapi kami akhirnya bisa masuk lewat pintu belakang. di sini lumba2 melakukan berbagai aksi seperti melompati lingkaran setinggi kurang lebih 3 meter dari permukaan air, memainkan holahoop, menciprat-cipratkan air ke penonton (katanya hadiah ulang tahun jakarta, penonton harus basah, haha), berjalan di air sambil berdiri, dan melambaikan sirip kaki untuk memberi salam di akhir pertunjukan. kami cukup terhibur meskipun nonton sambil jinjit-jinjit.

  • esensi : jangan mau kalah sama lumba-lumba, mereka disuruh pelatih aja nurut. kita disuruh orang tua harus lebih nurut.
  • overal : untuk pemuda/i #mkkb, ini cukup menghibur. baiklah, jadi IP untuk para lumba-lumba adalah 3,45. 🙂

Cinema 4D —> belum pernah merasakan petualangan bareng Dora dan Diego kan? kami pernah. #mkkb. *inget woy, sudah mahasiswa*. sebenarnya kami tidak ingin menonton Dora, tapi karena untuk hari ini adanya film Dora, yasudah, daripada tidak. saya sih belum pernah terbayang sebelumnya sinema 4D itu seperti apa. tapi ternyata sangat kereen. 4D yang dimaksud adalah 3D plus sensasi rasa. kalau di sinema 3D, kita merasa dalam dunia yang sama dengan film. kalau di sinema 4D, bahkan kita merasakan hal yang sama dengan yang di film. suatu saat Dora dan Diego naik pesawat. kursi yang kami duduki pun terangkat saat pesawat naik dan turun saat pesawat turun. saat melewati air tejun, Cprattt! airnya benar2 membasahi dahi saya, meskipun sedikit. *iyalah, kalo banyak bioskopnya bisa kebanjiran*. ternyata ini maksudnya 4D. hmm.

  • esensi : jangan mudah mengeluh, syukuri yang ada. meskipun filmnya Dora dan hanya 9 menit, tapi rasanya? mantap bukan?
  • overall : impressive, Biusers senang. IP bioskop 4D adalah 3,76.

Underwater Theater —> sensasi awalnya sangat keren. efek2 laser dan pemandangan bawah air yang luar biasa membuat kami berekspektasi lebih. akhirnya, kami yang awalnya mengira di dalamnya ada drama, ternyata tidak ada. ya, wahana ini hanya menampilkan tarian2 dan musikal dari para putri duyung, dewa Triton, dan hewan2 laut. tapi tidak mengapa, dibayar oleh sesuatu yang menakjubkan yaitu tarian lumba2 serta putri duyung di dalam aquarium. subhanallaah sekali. lumba-lumbanya terlihat sangat terlatih untuk menari mengikuti irama.

  • esensi :
  1. jaga pandangan. putri duyungnya beberapa cantik-cantik. menyebabkan zina mata. astaghfirullaah.
  2. jaga laut kita, agar ekosistem di dalamnya terjaga. setidaknya itu pesan tersirat dari tarian dan lagu yang dibawakan.
  • overall : sedikit kecewa, tapi terbayar oleh tarian lumba-lumba yang menawan. IP untuk Underwater adalah 3,48.

Ubur-ubur (lagi) —> tidak puas mencoba sekali pas matahari terik, kami mencobanya lagi di sore hari sebelum pulang. #mkkb. yeah, cukup membuat saya pusing karena saya sangat takut dengan ketinggian. Ubur-ubur adalah salah satu wahana seperti komidi putar yang bisa naik-turun dan putarannya lumayan cepat. wahana ini memutar2 kami di angkasa sehingga gravitasi hampir tidak terasa dan rasanya seperti mau terlempar. cukup lama ternyata, saya yang mulai agak pusing di pertengahan harus menahan beberapa putaran lagi untuk bisa turun dari wahana menakutkan ini.

  • esensi : selalu ingat mati, karena kematian itu bisa datang kapan aja. saya membayangkan pas naik wahana ini, tiba2 keranjang yang saya tumpangi lepas, terlempar entah ke mana, terus penumpangnya — tiiiit — (mati). na’uudzubillaah.
  • overall : Biusers puas. IP wahana ini adalah 3,7 karena kami naik hingga 2 kali.

Scorpion Pirates —> dari awal kami menonton binatang bermain dan menunjukkan aksinya. yang ini beda. kami menonton orang. ceritanya singkat, sang dokter ingin merebut keris sakti dari para bajak laut yang jahat, dengan perjuangan yang sangat berat, yaitu harus mengalahkan pasukan Scorpion yang sangat ahli dalam pertarungan. yang membuat drama ini keren ialah efek ledakan, cipratan, dan api yang benar-benar nyata. sepertinya sengaja diciptakan agar penonton seakan mengalami kejadian yang sesungguhnya. suara ledakan? jangan tanya. keras sekali, meskipun tidak sekeras aslinya. api? wow, terasa radiasi panasnya sampe podium belakang. cipratan air? apalagi ini, sampe ada bapak2 yang pindah ke belakang karena bajunya lumayan basah. *ehehe, kasian si bapaknya*

terakhir kami foto2 dengan para bajak laut dan pahlawan yang berhasil mengalahkan bajak laut. #mkkb. gapapa, toh mereka dibayar untuk main drama dan foto2 dengan pengunjung. *alibi*

  • esensi : jangan bermain keris, berbahaya. dan berkumpullah dengan orang-orang sholih yang bisa memberi banyak manfaat, jangan bergaul dengan orang-orang jahat seperti bajak laut.
  • overall : oke, keren, menghibur, so real. Biusers sangat tertarik untuk foto2. IP untuk para bajak laut adalah 3,84. mantap bung.

Fine. itulah catatan perjalanan saya selama seharian di Ocen Dream Samudra Ancol. cukup keren bagi orang desa seperti saya. terima kasih untuk kak Natasya dan kak Wulan. saya bersyukur sekali bisa mendapat pengalaman “bermain” di sini. #mkkb. untuk Ancol, lanjutkan pembangunanmu! semoga bisa jadi tempat wisata yang go Asia, go International.

masa kecil boleh kurang bahagia. justru itu yang membuat kami berbahagia di masa muda. 😀 alhamdulillaah.

Advertisements

Keras!

Tahukah, kawan, bagaimana rasanya saat hati menjadi keras?

Itulah yang kawan2 rasakan

saat kebaikan-kebaikan mulai tergantikan oleh maksiat, saat kesempatan berbuat baik banyak diabaikan,

saat tilawah mulai ditinggalkan, saat hafalan mulai hilang perlahan,

saat sholat mulai ditunda-tunda, dan thagut lebih diutamakan,

saat nggosip lebih menenangkan jiwa daripada berdzikir, saat ngurusi urusan orang lain lebih disenangi daripada instrospeksi terhadap diri sendiri,

saat tertawa lebih banyak daripada menangis, saat kita banyak makan dan lupa bahwa banyak orang yang masih kelaparan,

saat kita lebih memilih pilihan kita sendiri dibandingkan pilihan Allah swt, saat kita lupa bahwa segala pertolongan selama ini datangnya dari Allah semata,

saat kita banyak harta tapi enggan “mengeluarkannya”, harta menjadi raja,

saat dosa-dosa kecil diabaikan, dan saat semua yang kita lakukan berujung pada kehinaan.

Lupakah kita, bahwa hati ini perlu dijaga? Sudah sejauh mana kita menjaga hati kita kawan? Beristighfarlah karena pasti lebih banyak kesalahan yang tidak kita sadari dibandingkan dengan kebaikan yang kita sadari padahal belum tentu pahalanya… Astaghfirullaahal-‘azhiim…

“Ya Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah diriku dalam Agama-Mu dan dalam Ketaatan kepada-Mu”.

karena,

“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh ini ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh anggota tubuh dan jika rusak, maka rusaklah seluruh anggota tubuh. Ketahuilah, ia adalah hati.” (HR. al-Bukhari).

Sepuluh yang Mendekati Zina

berduaan : orang ketiganya adalah syetan

berduaan : orang ketiganya adalah syetan

Firman Allah dalam surah Al-Israa’ ayat 32 :

“Dan janganlah kalian mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan keji, dan merupakan jalan yang buruk.”

Dari tausyiah Ust. Djalaluddin Asy-Syatibi waktu itu (saya lupa kapan), saya sempat merangkum tentang sepuluh hal yang digolongkan dalam “mendekati zina”. Sepuluh hal itu antara lain:

1. Ikhtilath, yaitu bercampurnya laki-laki dan perempuan dalam suatu tempat. contoh ikhtilath yang umum ialah di dalam kelas, di mana laki-laki dan perempuan bercampur, bebas bercakap-cakap dan melihat satu sama lain.

2. Khalwat, yaitu berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya di suatu tempat.

Dan Sabda beliau juga“Janganlah salah seorang diantara kalian (laki-laki) bersepi-sepi (berkhalwat) dengan wanita malainkan harus disertai mahramnya.” (Mutafaqqun’alaihi)

3. Tabarruj, yaitu menampakkan perhiasan dan segala yang dapat mengundang syahwat laki-laki, begitu menurut Az-Zajjaj Abu Ishaq Ibrahim bin As-Sirri. Dalam definisi yang lain, tabarruj yaitu menampakkan perhiasan kepada laki-laki yang bukan mahram (ajnabi). gampangnya, bersolek untuk menarik perhatian lawan jenis yang bukan mahram ataupun suaminya.

Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda : “Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku lihat sekarang ini. Satu kaum yang bersama mereka cambuk-cambuk seperti ekor sapi yang dipakai untuk memukul orang. Wanita-wanita mereka berpakaian namun telanjang, bergaya pundak mereka dan berpaling dari kebenaran. Kepala mereka seperti punuk unta kurus, mereka tidak masuk surga dan tidak mencium baunya. Padahal baunya tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (H.R. Muslim)

4. Khuthwah, yaitu melangkahkan kaki ke tempat maksiat.

5. At-tamanniy dan an-natzor, yaitu menghayal dan atau memandang sesuatu yang dapat menimbulkan syahwat.

6. As-sam’u, yaitu mendengar sesuatu yang menyebabkan munculnya syahwat. termasuk mendengarkan lagu2 cinta yang dapat membuat pikiran melayang2.

7. Al-kalam Al-faahisy, yaitu berbicara kotor/mesum.

8. Al-qublah, yaitu bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya.

Terdapat suatu hadits shahih berbunyi : “Ditikam seseorang dari kalian dikepalanya dengan jarum dari besi, itu lebih baik dari pada menyentuh seorang wanita yang tidak halal baginya.” (HR. ath-Thabrani)

Atau hadits yang berbunyi: “Lebih baik memegang bara api yang panas dari pada menyentuh wanita yang bukan mahram.”

9. Al-lams, yaitu menyentuh dengan tangan yang juga berarti jima’ (tafsir Ibnu Katsir surah An-Nisaa’).

10. Perempuan yang pergi sendiri tanpa mahram, dikarenakan dapat menimbulkan fitnah dan banyak mudhorot.

Rasulullah saw. bersabda : “Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan safar (bepergian) selama satu hari satu malam yang tidak disertai mahramnya.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Kalau yang belum ada dalilnya, dicari sendiri ya. Insya Allah beliau mengambil hadits2 yang shahih. Semoga bermanfaat. 🙂

Wallaahu a’lam bish-showaab.

Ketika Dua Masa Bertemu | #ReuniPDITB

[12 Juni 2012] Reuni Perisai Diri ITB 2012

Boleh jadi ini acara terbesar UKM Perisai Diri ITB pada tahun kepengurusan 2011/2012 ini. Acara yang diadakan di Aula Timur ITB Ganesa ini, (sekarang pake kata Ganesa, soalnya ada ITB Jatinangor, hehe) kurang lebih dihadiri oleh 40 orang alumni dari berbagai jaman. Dari jaman awal berdiri, hingga era 2000an. Dari pendiri hingga anggota-anggota unit yang aktif sekarang.

Kami bersyukur karena acara ini mendapat respon begitu positif dari para alumni. Alumni2 lama, dan orang-orang penting yang kita undang, alhamdulillaah datang dalam keadaan yang sehat wal-afiyat. Pak Both Sudargo, pendiri PD ITB pada tahun 1965, yang selama ini namanya hanya saya kenal di artikel sejarah PD ITB dan Bandung, datang. Dan kami semua sempat mengobrol dengan beliau. Beliau merupakan salah satu pendekar jebolan ITB selain Pak Nanang Soemindarto dan Pak Sigit Prakoso. Ah, namanya jadi kesebut.

Pak Nanang Soemindarto, Ketua Kelatnas Perisai Diri Indonesia, juga datang. Kebetulan beliau adalah ayahanda dari pelatih kami di ITB, Mbak Tarita Kamardi, makanya agak mudah mengundangnya. Dalam acara ini Pak Nanang mengisi acara diskusi teknik.

Satu lagi, Pak Sigit Prakoso, “sang pendekar pernapasan” – saya menjuluki beliau, apalagi. Beliau datangnya di menit2 awal. *super sekali, haha. Beliau yang mengisi acara inti dalam rangkaian acara Reuni PD ITB ini selain Pak Nanang. Beliau banyak mengajarkan kepada kami tentang ilmu pernapasan untuk kebugaran tubuh, dan efisiensi tenaga dalam beladiri.

Selain beliau bertiga, alumni2 lain dari tahun 60an sampe 2000an juga tak kalah aktif di dalam rangkaian acara Reuni PD ITB ini.

Kami turut senang melihat para orang-orang tua bertemu dengan kawan-kawan lamanya. Melihat mereka bernostalgia, bercanda dengan candaan mereka dulu, tertawa, membuat kami semakin bersemangat melanjutkan perjuangan para pendahulu kami. Apalagi mereka masih menaruh banyak harapan pada unit Perisai Diri ITB ini agar menjadi unit yang terus berkembang dan jaya.

Inilah hari ketika dua masa bertemu. Mau tidak mau ada transfer pengalaman di dalamnya. Cerita demi cerita mengalir dari kaum2 tua ke kawula2 muda. Indera penglihatan, pendengaran, perasa, semua berubah menjadi begitu peka. Inilah hari ketika banyak wajah harus dilihat dan diingat, banyak ilmu harus didengar dan diserap, dan banyak cerita harus dirasa dan dihayati.

Kami sangat bersyukur acara ini telah berlangsung dengan lancar. Semoga acara ini tidak menjadi acara yang lewat begitu saja, tapi mampu menjadi batu loncatan untuk tercapainya silaturrahmi yang kuat antar punggawa Perisai Diri ITB segala masa dan pemicu semangat berPerisai Diri ITB dalam setiap langkah ke depannya. 🙂

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

Indarto Matnur

Try to be Nice Person

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Deanmu goes blogging

Welcome to my little notes friend

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

Husain

Merasakan Rasa, Memaknai Makna

@kucing_majelis

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَّى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"