Niat itu #SUPER!

Siapa yang setiap akan melakukan perbuatan selalu diawali dengan niat? anda? wah itu #SUPER sekali, asal niatnya baik. kenapa saya bilang #SUPER? nabi saw. sendiri yang bersabda, bahwa niat itu mempengaruhi kualitas amal seseorang. dalam hadits disebutkan:

Dari Amiril Mukminin Abu Hafsh Umar bin Khathab bin Naufal bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adiy bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib Al-Qurasyiy Al-Adawiy ra., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amal disertai dengan niat. Setiap amal seseorang tergantung dengan apa yang diniatkannya. Karena itu, siapa saja yang hijrahnya (dari Mekkah ke Madinah) karena Allah dan Rasul-Nya. (mekakukam hijrah demi mengagungkan dan melaksanakan perintah Allah dan utusan-Nya), maka hijrahnya tertuju kepada Allah dan Rasul-Nya (diterima dan diridhai Allah). Tetapi siapa saja yang melakukan hijrah demi kepentingan dunia yang akan diperolehnya, atau karena perempuan yang akan dinikahinya, maka hijrahnya sebatas kepada sesuatu yang menjadi tujuannya (tidak diterima oleh Allah).” (HR. Bukhari dan Muslim)

jadi jelas, ganjaran orang yang niatnya ikhlas karena Allah swt. dan yang tidak, beda, meskipun ada kemungkinan amal yang dilakukannya sama. ini yang pertama.

keunggulan lain yang membuat niat itu #SUPER, ialah yang tersirat dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah Abdurrahman bin Shakhr ra., ia berkata Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak
memandang kepada tubuh kalian dan tidak pula kepada rupa kalian, tetapi Dia memandang kepada hati kalian.” (HR. Muslim)

artinya sehebat apapun perbuatan kita, amal kita, jika tidak kita niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. atau sekedar sarana untuk berbuat kebaikan, itu jadi tidak bernilai di sisi Allah swt. Allah melihat apa yang kita niatkan. itu yang kedua.

yang ketiga. baru berniat baik pun, kita sudah dapat pahala. dalam suatu hadits disebutkan:

Dari Abil Abbas Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib ra., ia berkata: Rasulullah SAW menjelaskan apa yang diterima dari Tuhannya, yaitu: “Sesungguhnya Allah SWT., sudah mencatat semua perbuatan baik dan buruk, kemudian Allah menerangkannya kepada para malaikat, mana perbuatan yang baik dan mana pula perbuatan buruk yang harus dicatat. Oleh karena itu, siapa saja bermaksud melakukan perbuatan baik, lalu tidak mengerjakannya, maka Allah mencatat maksud baik itu sebagai satu amal baik yang sempurna. Jika orang itu bermaksud melakukan kebaikan, lalu mengerjakannya, maka Allah mencatat disisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, dan dilipat gandakannya lagi. Siapa saja yang bermaksud melakukan keburukan, lalu tidak jadi melakukannya, maka Allah mencatatnya sebagai satu amal baik yang sempurna. Apabila ia bermaksud melakukan keburukan kemudian mengerjakannya, maka Allah mencatatnya sebagai satu kejelekan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

dalam hadits lain disebutkan:

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Shalat seseorang dengan berjamaah, lebih banyak
pahalanya daripada shalat sendirian di pasar atau di rumahnya, selisih dua puluh derajat. Karena seseorang yang
telah menyempurnakan wudhunya, kemudian pergi ke masjid dan hanya bertujuan untuk shalat, maka setiap langkah diangkatlah satu derajat dan diampuni satu dosa, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid ia dianggap mengerjakan shalat selama menunggu dilaksanakannya. Para malaikat mendoakan: “Ya Allah, kasihanilah dia, ampunilah dosa-dosanya, terimalah taubatnya selama tidak berbuat gaduh dan berhadats.” (HR. Bukhari dan Muslim)

satu niat baik, sudah dinilai sbg satu kebaikan yang sempurna. jika dilakukan, bisa diganjar 10 kali lipat dan bisa mencapai 700 kali lipat, dan masih dilipatgandakan lagi. subhanallaah. #SUPER.

beda dengan kejelekan. satu niat jelek, jika tidak jadi dilakukan, satu kebaikan yang sempurna. jika dilakukan pun, hanya diniliai sebagai satu kejelekan. sungguh Allah maha pemurah kepada hamba-hambaNya.

intinya, sangat terlihat perbedaan antara amal yang diawalai niat karena Allah, dan yang tidak. beda niat, selisih ganjarannya bisa mencapai 700 kali lipat atau bahkan lebih. tinggal kita yang milih, mau yang 10-700-unlimited atau ga dapet sama sekali, cuma cape beramal doang? *hehe.

jadi yuk mulai sekarang kita upgrade niat kita, perumpamaan antivirus, databasenya harus selalu update, *bener ga? karena gak akan #SUPER lagi kalo niatnya asal-asalan. jangan sampai amal-amal yang kita lakukan cape2, siang-malam, jadi sia2 gara2 salah niat. semoga amal2 kita selanjutnya selalu berbasis niat yang lurus karena Allah swt., karena ingin mendapatkan suatu kebaikan dunia dan akhirat. aamiin. 🙂

mari kita sama2 berubah, sama2 mengubah.

wallaahu a’lamu bish-showaab. semoga bermanfaat. (hbb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s