Moral Berawal dari Pendidikan Agama

pendidikan agama, basis utama pendidikan moral
pendidikan agama, basis utama pendidikan moral

Sabtu, 31 April 2012 di Ruang 32 CC Barat. bersyukur sekali rasanya diundang ke sini dan dapat menikmati seminar ini, seminar yang diadakan oleh kementrian APK KM-ITB, yang bertema “sudahkan pendidikan agama efektif dalam menjawab permasalahan moralitas Bangsa”. ada empat orang pembicara yang hadir di sini, dari tiap latar belakang yang berbeda, keilmuan dan profesinya. kalo tidak salah, pembicaranya antara lain Pak Imam Gunawan (perwakilan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, saya lupa beliau ada di bidang apa), Pak Nandang Najmulmunir (perwakilan dari Kementrian Agama, rektor Unisma), Pak Asep Zaenal Aosop (dosen Agama dan Etika Islam dan PKn), dan Pak Toto (dosen Agama dan Etika Buddha).

beberapa patah kata sempet saya catet dari masing-masing pembicara.

“Ingin membuat perubahan, memulainya dari mana? ya dari hati, dibenerin dulu hatinya…” (pak Imam). keadaan suatu bangsa diubah oleh kaumnya, suatu kaum berubah karena masing-masing individunya, nah, perubahan individu harus dimulai dari hatinya.

“Kalo pengin selamat dunia akhirat, pakaian moral nya harus dipake. sama analoginya dengan sabuk pengaman pada mobil, kalo pengin tahu pake sabuk pengaman itu aman atau gak, ya pake sabuk pengamannya, jangan gak dipake…” (pak Nandang). *bener juga, kalo ga dipake, terus terjadi apa2, bisa celaka.

“orang kaya… orang pinter… kalo ga ibadah, NOL, ga ada apa-apanya…” (pak Asep). *setuju pak! seperti  firman Allah swt. dalam Al-Qur’an, bahwa orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa, tidak peduli kaya, miskin, hitam, mahasiswa ITB atau bukan.

kesimpulan yang saya tangkap sepanjang seminar ini adalah bangsa Indonesia saat ini masih belum baik moralnya, baik itu pemuda maupun petuanya (*petua? bener ga ya?). perlu dilakukan perubahan untuk membentuk generasi berikutnya yang lebih mantap moralnya. tidak boleh anak cucu kita merasakan keadaan bangsa seperti sekarang. di mana 62.7% bocah-bocah SMP sudah tak perawan dan 67% remaja SMA melakukan aborsi. sungguh hal yang tidak layak terjadi di negara dengan komunitas muslim terbesar ini.

yok, sama-sama kita mulai perubahan ini dari hati yang bersih, dengan ilmu agama yang mantap sesuai keyakinan, kita amalkan dalam perbuatan, insya Allah sedikit demi sedikit akan terbentuk peradaban yang madani, aman, dan tenteram di bawah lindungan dan ridho Allah swt. semoga Allah senantiasa memberikan kita petunjuk untuk menuju jalan yang benar. 🙂 (hbb)

wallaahu a’lam bish-showaab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s