Koreksi: Man Jadda Wajada

Man Jadda Wajada. pernah denger lah ya, kata mutiara itu sekarang banyak sekali bergaung di sekitar kita. terutama setelah diputarnya film Negeri 5 Menara (*saya belom nonton sih) yang diangkat dari Novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi itu. kata sebagian orang, sih, filmya keren, kata sebagian lagi ga keren. saya jadi bingung ini jadi mau nonton atau ga. *haha ๐Ÿ˜€

okelah, sebenarnya saya tidak ingin mengoreksi “Man Jadda Wajada” nya, tapi kadang orang salah menuliskan kalimat ini dengan “Man Jadda wa Jadda” atau “Man Jadda wa Jada”. lha, memangnya kenapa? yook, kita telisik bersama. ๐Ÿ˜€

“Man Jadda Wajada”.ย arti lengkapnya: “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, dia (akan) mendapatkan”.

ada tiga kata dalam kalimat ini. man, jadda, dan wajada. sama sekali berbeda dengan “man jadda wa jadda” yang memiliki empat kata, yaitu man, jadda, wa, jadda. berarti ada dua kata yang sama persis yaitu “jadda”.

bedanya di mana? oke kita kupas satu-satu.

  • man (ู…ู†) = siapa (?), barangsiapa. contoh: man(i)l-ladzii ‘indahu qolamun? arti gampangnya “siapa yang punya pulpen?”. atau contoh lain: wa man yattaqi-llaaha yaj’al lahu makhrojan.ย artinya “dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, (Allah) akan menjadikan untuknya jalan keluar”.
  • jadda (ุฌุฏู‘) = bersungguh-sungguh. contoh: roaituhu jadda fit-ta’allumi. artinya “aku melihat dia bersungguh-sungguh dalam belajar”.
  • wajada (ูˆุฌุฏ) = mendapat. contoh: wajadtu faakihatan katsiirotan. artinya “saya mendapat buah-buahan yang banyak”.
  • wa (ูˆ) = dan, demi (dalam sumpah). contoh: wa qul lahumaa qaulan kariiman. artinya “dan katakan kepada keduanya (orangtua) perkataan yang mulia”.

jadi kesimpulannya, kalimat “man jadda wajada” (kalimat 1) dan “man jadda wa jadda” (kalimat 2) itu berbeda. kalimat 1 memiliki arti “barangsiapa yang bersungguh-sungguh, dia (akan) mendapatkan”. sedangkan kalimat 2 memiliki arti “barangsiapa yang bersungguh-sungguh dan bersungguh-sungguh”. ??? kalimat yang tidak lengkap jadinya. beda jauh bukan? padahal cuman beda satu spasi dan satu huruf. kalau di tulisan arab beda satu spasi dan satu tasydid. hampir tidak terlihat.

jadi yang benar “ู…ูŽู†ู’ ุฌูŽุฏูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽุฏ”.ย “man jadda wajada”. “barangsiapa yang bersungguh-sungguh, dia (akan) mendapatkan”.

yah, semoga tulisan ini tidak hanya sekedar koreksi, tapi mari kita tanamkan dalam diri kita masing-masing. bahwa sesuatu capaian atau cita-cita itu akan sangat sulit teraih bila kita tidak bersungguh-sungguh dalam meraihnya. dari koreksi ini, saya juga menghimbau dan mengajak kawan-kawan untukย sama-sama mempelajari dan memahami bahasa Arab. (*ga afdhol kan, kalo orang islam ga kenal sama bahasa Al-Qur’an, bahasa surga, dan bahasa Nabi Muhammad saw), hehe. harus bangga, dong, menjadikan bahasa arab sebagai bahasa kedua, masa’ kalah sama bahasa inggris. (hbb)

wallaahu a’lam bi-shshowaab.

Advertisements
    • meri
    • March 27th, 2012

    makasih ka habibi

  1. trimakasih infonyaaa

    • fland
    • April 17th, 2014

    sukron habibi

    • aadi
    • May 22nd, 2014

    Trimakasih. Seandainya tulisan ini di copas boleh gak mas?

  2. Kereen… ijin copas buat fanpage boleh ? credits buat Mas Habibi. Oya, mari kerjasama dengan saya di tafsirquranku.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Relativinity

because infinity is relative, and therefore i slipped.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Muamallat Nuswantara

gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem kerto raharjo - baldatun toyibatun wa robbun ghofur

kacakusam

Tentang Ide yang Hidup Abadi

Aneka Khas Banyuwangi

This WordPress.com site is the catโ€™s pajamas

SMILE

happiness is precious

Galuh Dewi Lestari

Everything about me and you ^^

Indarto Matnur

Try to be Nice Person

adprakoso

Share knowledge, More knowledge

Media Islam - MMN Press

Berita Dunia Islam, Kajian Ilmiah dan Info Terkini

Husain

Merasakan Rasa, Memaknai Makna

@kucing_majelis

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ู‘ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽ ุงูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’

Ustadmukhlis's Blog

Selamat Datang

Muhammad Assad

Entrepreneur | Author | Speaker | Trainer | Traveler

.. reflection for self-acceleration ..

A Simple Life Note for Self-Reflection

Sirah Muhammad Rasulullah SAW

"Shollu 'Alan Nabiy Muhammad"

%d bloggers like this: