Waspadai Makanan Tidak Sehat

Kenapa orang tua jaman dulu jarang ada yang sakit-sakitan? Sedangkan anak muda sekarang, mudah sekali dihinggapi berbagai macam penyakit, seperti maag, diabetes, gangguan pencernaan, obesitas, gagal ginjal, liver, bahkan kanker. semoga Allah melindungi kita dari semua itu..

Penyakit-penyakit itu bukan hanya disebabkan oleh faktor tunggal, melainkan banyak faktor lain seperti gaya hidup, genetik, lingkungan, dan makanan. Faktor genetik sudah tidak mungkin lagi dikendalikan (kecuali dengan ijin Allah swt.), sedangkan kita masih bisa mengendalikan gaya hidup, lingkungan, dan yang pasti makanan.

Makanan sehat bukan berarti yang bisa membuat perut kenyang, yang harganya mahal, yang paling enak seBandung, apalah yang lain, misalnya. Tapi makanan sehat harus mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat-zat seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Sedihnya, kita kadang tidak tahu mana makanan yang sehat, dan mana yang tidak.

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.” (QS. An-Nahl: 114)

Allah swt telah menyuruh kita untuk makan makanan yang halal, sekaligus baik, karena itu salah satu bentuk syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan.

Agar kita tahu, mana makanan yang baik dan mana yang tidak, mari kita simak beberapa ciri makanan yang tidak sehat berikut.

  • Makanan dengan zat pewarna

Tak sedikit makanan-makanan ringan yang mengandung zat pewarna yang berlebihan. Biasanya untuk mengundang para pembeli karena memang enak dipandang dan menggugah selera. Maka berhati-hatilah, zat pewarna pada umumnya tidak dapat diuraikan oleh tubuh, sehingga suatu saat bisa mengalami penimbunan dan menyebabkan kanker.

  • Makanan berbahan pengawet

Setiap makanan dan minuman kemasan pasti mengandung bahan pengawet, dan itu sah-sah saja selama tidak melebihi batas aman. Namun ada juga makanan yang mengandung bahan pengawet yang berlebih. Nah, yang seperti ini juga dapat menimbulkan kanker.

  • Makanan berbahan pengawet berbahaya

Tahu natrium benzoat? Ya, itu bahan pengawet yang biasa ada pada makanan kemasan. Boleh digunakan. Formalin? Itu bukan bahan pengawet makanan, melainkan pengawet mayat. Apakah makanan kita sama komposisinya dengan mayat? No!..

  • Makanan berkadar gula tinggi

Biasanya berupa minuman, kue, manisan, dan lain-lain. Jangan jajan sembarangan ya.. Terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

  • Makanan berkadar garam tinggi

Mie instan, kripik-kripik, adalah dua dari berbagai contoh makanan yang disinyalir mengandung banyak garam. Kurang garam itu tidak enak, terlalu banyak garam juga tidak baik. Kenapa? Karena akan memaksa kerja ginjal, dan mengakibatkan rusaknya fungsi ginjal. Selain itu juga dapat mengakibatkan hipertensi.

  • Makanan mentah

Bahaya terbesar dari makan makanan mentah adalah cacing-cacing parasit yang hidup di situ, misal di tubuh ikan, daging sapi, dll. Itulah mengapa makanan harus dimasak terlebih dahulu hingga matang. Yaitu untuk membunuh bakteri dan cacing-cacing parasit.

  • Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar kadang mengandung sedikit arang. Arang atau karbon aktif ini bersifat karsinogenik. Jika terkonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kanker. Meskipun kadang-kadang enak ya..kres..kres..

Kesimpulannya, tetap jaga makanan anda, pesan dari guru saya SMA: “jangan makan yang kotor-kotor..” kalau dipikir-pikir, benar juga. Semoga bermanfaat. 🙂 (hbb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s