Jangan Takut Beda!

Beda, biasa diartikan ketidaksamaan. Berbeda berarti tidak sama, umumnya pada banyak hal. Perbedaan memang sering menimbulkan banyak masalah, contoh ekstrimnya rasisme, hingga berujung pada kesenjangan sosial. Namun tak sedikit pula perbedaan menghasilkan satu kolaborasi yang sangat apik. Tahukah bahwa terdapat banyak hikmah di balik perbedaan itu?

Pasti pernah terpikir oleh diri teman-teman, kenapa ya gue ga bisa kaya dia? dapat A di tiap kali ujian sekolah, atau seperti ini, dari dulu gue selalu ngikutin gaya si X, tapi ujung-ujungnya nasib kita selalu beda? dan pasti banyak lagi yang lain, yang mungkin baru saja terpikir oleh teman-teman. (hayoo ngaku)

Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda.” (QS. Al-Lail: 4)

Mau tidak mau, kita harus memaklumi bahwa memang kita diciptakan berbeda-beda. Dengan fisik yang beda, sifat yang beda, dan lingkungan yang beda. Ada yang lahir dengan wajah tampan, cantik, ada pula yang lahir dari keturunan keluarga kaya raya, meski tak sedikit pula yang lahir dari keluarga tak berwisma, alias lahir di pinggir jalan.

Saya ingat satu kalimat: “Memandang sesuatu itu harus positif, sebagaimana kita berprasangka baik pada Allah swt”. Begitu juga memandang masalah perbedaan. Kita berbeda karena kita dianugerahi kelebihan dan kekurangan dalam diri kita masing-masing. Orang kaya itu tidak selalu dermawan, dan orang miskinpun tidak selalu pelit. Banyak orang kaya yang sakit-sakitan, tapi yang miskin sehat-sehat saja (meskipun kadar nutrisi tidak lebih baik dari orang kaya). Itulah keadilan Allah dengan adanya perbedaan pada setiap makhlukNya.

Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.” (QS. Az-Zumar: 21)

Siapa takut beda? Justru kita unik (unique). Unik itu jika berbeda dengan yang lain dan ada sesuatu yang khas. Sebagai contoh, (mm.. siapa ya?) Hadad Alwi deh, yang akhir-akhir ini sering bernyanyi dengan anak-anak kecil di salah satu albumnya. Siapa sangka Hadad Alwi yang dulu bernyanyi bersama Sulis, kini tampil dengan style yang berbeda. Coba lihat, di saat dunia musik Indonesia dikuasai oleh aliran2 pop (yang semakin lama semakin tak jelas), dan artis2 yang semakin aneh, lagunya pun sungguh banyak mengandung kata2 zina, masih ada lagu dengan vokalis anak-anak bertemakan religi. Walhasil, tetap laris kan, meskipun beda? (saya aja suka, hehe)

Saya tidak takut beda! Semua orang tak harus memiliki jalan hidup yang sama, nasib yang sama, semuanya sama. Allah tentunya tidak ingin kita memaksakan kehendak. Mensyukuri nikmat yang Allah berikan, dengan cara mengoptimalkannya dalam setiap usaha kita adalah salah satu solusinya.

Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (QS. Al-Jin: 11)

Beranilah hidup berbeda! Bukan berbeda karena keluar jalur, melainkan tetap pada sumbu-sumbu kebaikan sesuai ketentuanNya. Sudah bukan jamannya meniru gaya orang lain. Jadilah diri sendiri, yang jika orang lain melihat, itu pasti kamu. Ada kalanya meniru, tirulah apa yang orang-orang sebut semangat. Kalau orang lain bisa mengerjakan sekian kebaikan tiap harinya, kenapa kita tidak? Jadikan perbedaan itu alasan kita lebih baik dari orang lain. The difference between you and others is that you’re better.

Semoga bermanfaat. 🙂 (hbb)

2 thoughts on “Jangan Takut Beda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s