Mengenal Seni Kaligrafi Islam

Ungkapan kaligrafi sebenarnya diambil dari kata Latin “kalios” yang berarti indah, dan “graph” yang berarti tulisan atau aksara. Dalam bahasa Arab tulisan indah berarti “khath” sedangkan dalam bahasa Inggris disebut “calligraphy”. Jadi secara keseluruhan bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari seni menulis berdasarkan nilai-nilai estetika, dan dipadukan dengan rasa seni yang terkandung dalam hati setiap penciptanya. Oleh sebagian ulama’ disebutkan, “khath dalam tulisan itu ibarat ruh dalam diri manusia“.

Ada beberapa khat dalam kaligrafi Islam, yang sudah tertentu kaidah2nya. Antara lain ialah khat naskhi, tsuluts, diwani, diwani-jali, kufi, riq’ah, dan farisi. Masing-masing khat tersebut telah memiliki kaidah tersendiri mengenai keserasian antar hurufnya, cara merangkai, sentakan, bahkan jarak sepasi juga harus diperhitungkan dengan serasi.

contoh khat tsuluts

contoh khat diwani-jali

Dengan adanya keberagaman khat dalam kaligrafi Islam, berpadu dengan jiwa seni dari para kaligrafer, kini seni kaligrafi menjadi banyak diminati untuk digunakan sebagai dekorasi masjid, bahan lukisan, dan bahkan perlombaan seperti MTQ.

Seiring perkembangan jaman pula, seni kaligrafi tak hanya hadir dalam bentuk kaligrafi klasik, yang harus sesuai sepenuhnya dengan kaidah2 yang ada, seperti contoh di atas. Namun kini telah hadir lukisan kaligrafi, sebagai bentuk lain ekspresi seniman lukis dalam menyampaikan maksud, pesan, dan nasehatnya. Dalam lukisan kaligrafi, kaidah2 yang digunakan bebas, dan tidak terpaku pada satu khat tertentu, jadi maksud yang disampaikan bisa tergambar pula pada lekuk-lekuk huruf arab yang digoreskan di atas kanvas.

contoh lukisan kaligrafi

Nah, sekarang tinggal bagaimana seni kaligrafi ini terus dan terus berkembang, baik sebagai ungkapan estetika, maupun syiar agama Islam. So, generasi kita sekarang nih, jangan sampai lengah, jangan segan belajar kaligrafi Islam. Yok, sama2 belajar, karena “keindahan Islam itu tidak hanya dirasakan lewat ibadah, tapi juga seni“. Maju terus kaligrafer Indonesia! 🙂 (hbb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s