Mangga, (salah satu buah) yang Kaya Antioksidan

Siapa nih yang belum pernah makan buah mangga? Pasti semua pernah, kan? (haha, semoga saja) Mangga adalah buah tropis, tergolong kelompok buah berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa (aroma-rasa-tekstur) yang beraneka ragam. Bentuk mangga ada yang bulat penuh, seperti mangga Gedong, dan bulat panjang, seperti mangga Harumanis dan mangga Manalagi. Mangga Kopek berbentuk bulat pipih, sedang mangga Golek, bentuknya lonjong.

Bentuk, ukuran, warna, dan citarasa buah mangga boleh beragam. Tapi dari segi gizi, semua tidak jauh berbeda. Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 g.

Pada setiap 100 g mangga muda, mangga yang masih mentah, terkandung air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda rendah, karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.

Sebagian besar energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen. Namun, jenis mangga manis dapat mencapai 16-18 persen.

Tidak hanya mengandung banyak air dan gula, buah mangga juga mengandung banyak zat antioksidan. Tahukah apa itu antioksidan? Antioksidan adalah zat yang sangat berguna untuk melawan zat radikal bebas yang berasal dari zat-zat racun dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang secara signifikan menghambat atau mengurangi substrat oksidasi dan memerangi aktivitas radikal bebas.

Beberapa jenis antioksidan yang dikandungnya, antara lain terdapat karoten (baca: beta karoten), yang dikenal sebagai provitamin A, kalium, vitamin C dan E. Beta-karoten adalah salah satu prekursor terpenting untuk pembentukan vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina pada mata). Kalium berguna untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Vitamin C dan E masing-masing berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan fertilitas.

So, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi mangga (saya sih tidak pernah ragu, :P). Bukan hanya mangga, selama yang kita konsumsi itu bergizi dan menghasilkan banyak kebaikan, mengapa tidak? Hidup buah! 😀 (hbb)

Sumber: macem-macem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s