Empat Waktu yang Berharga, Jangan Disiakan

“Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu mengalamai kerugian. Kecuali mereka yang beriman dan mengamalkan amal2 sholeh, mengajak pada kebenaran dan mengajak pada kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr : 1-3)

Ada empat waktu dalam sehari yang sangat berharga selain lima waktu sholat. Yang pertama ialah waktu antara maghrib dan isya’. Waktu sekitar satu jam seperempat ini, menurut Habib Jindan tidak boleh dihabiskan untuk nonton kuis, gosip atau sinetron.

“Matikan TV dan lakukan empat amalan ini, sholat sunnah, membaca Al-quran, zikir atau hadir di majelis ilmu,” ujarnya.

Kedua, waktu sebelum subuh, meski hanya 15 menit sebelumnya, harus sudah bangun untuk melaksanakan sholat sunnah, walau hanya dua rakaat. Bahkan Habib Jindan mengenang, sewaktu ia kecil ia selalu dibangunkan orang tua sekaligus gurunya. Anak-anak usia 3-4 tahun pun dibangunkan, mereka memang bermain dan tidak sholat.

“Tapi yang terpenting ketika rahmat dan karunia Allah turun di waktu fajar, mereka tidak tidur,” ujarnya.

Waktu yang ketiga, adalah sehabis sholat shubuh sampai terbit matahari. Ini adalah waktu untuk zikir, mengaji atau belajar. Bukan untuk tidur atau kegiatan sia-sia lainnya.

“Barang siapa yang melakukan ini, Ia akan mendapatkan pahala haji dari Allah yang sempurna dan memperoleh rizki lebih cepat, dari orang yang shubuh-shubuh sudah bekerja,” ujarnya.

Terakhir, waktu yang harus dipelihara adalah saat-saat sebelum maghrib, gunakan waktu ini untuk duduk beristighfar, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah untuk berzikir pagi dan sore.

“Sayangnya, saat ini kita lebih banyak dibodohi oleh pemikiran asing dan buaian media, sehingga menyia-nyiakan keempat waktu tersebut,” ujarnya.

Disadur dari : http://ahlussunnahwaljamaah.wordpress.com/

(dengan sedikit perubahan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s