Ramadhan, oh Ramadhan…

A: Ramadhan tiba.. Ramadhan tiba.. Marhaban ya Ramadhan.. Marhaban ya syahrosh-shiyaam..
B: Kok seneng banget sih antum, Ramadhan dateng?
A: iya dong, Ramadhan kan bulan paling indah..
B: indah gimana? Bukannya pas Ramadhan itu orang2 ga boleh makan sama sekali ya,, dari imsak sampe maghrib? trus mulutnya bau busuk lagi.. hih..
A: ya, bukan itu saja yang bikin Ramadhan indah..
B: hah?!
A: eh, antum belum tau paling ya… nih, ane kasih tau rahasianya.. 🙂

Pertama, bulan Ramadhan itu Bulan tarbiyah untuk mencapai derajat takwa (wih, keren ga tuh..). Firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” (QS Al Baqarah: 183). Artinya, dengan kita berpuasa, insya Allah kita akan dinaikkan derajatnya oleh Allah swt.

Kedua, Bulan diturunkannya Al Qur’an (mantapp). Inget ayat ini ga, “Bulan Ramadhan, yang pada bulan itu Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk buat manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu, dan sebagai pemisah (yang haq dan yang batil)” (QS Al Baqarah: 185). Tuh, makanya aku bilang bulan ini begitu indah.. 🙂

B: terusin.. Lama2 asik juga dengerin antum ngomong..

Ane terusin ya, Ketiga, ini tuh Bulan yang paling utama, bulan penuh berkah. Percaya ga percaya, harus percaya, Nabi Muhammad saw pernah bersabda, “Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari yang paling utama adalah hari Jum’at” (HR At-Thabarani). Selain itu ada lagi hadits, dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah saw -pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba- bersabda, “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do’a. Pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt” (HR Ath-Thabarani). (komplit gan.. haha.. :D)

B: heheh.. berarti beneran ya? heheh.. tadinya sih ane mau ngetes antum, tapi penjelasan antum keren lah, di luar dugaan.. besok cerita lagi ya, ke ane.. 😛

(bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s